blank
Ganjar dan Mahfud bersama beberapa pendukungnya, melakukan doa bersama untuk almarhum Blacius Subono, seorang senimal asal Solo. Foto: hp

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Ganjar Pranowo dan Mahfud MD berduka. Seorang seniman Solo bernama Blacius Subono, meninggal dunia saat pentas di acara kampanye akbar Ganjar di Solo.

Subono meninggal dunia, saat pentas Wayang Orang di depan Balai Kota Surakarta, dalam rangkaian kampanye Ganjar-Mahfud, Sabtu (10/2/2024). Saat itu, Subono tampil memerankan karakter Semar, dan tampil keren di hadapan Ganjar-Mahfud.

Namun di akhir acara, Subono roboh. Dia sempat dibawa ke mobil ambulans dan dibawa ke rumah sakit. Namun Subono akhirnya dinyatakan meninggal dunia.

BACA JUGA: KPID Jawa Tengah: Seluruh Media Diharap Bersih dari Siaran Berbau Kampanye pada Masa Tenang

blank
Ganjar hadir di tengah lautan manusia, yang hadir di Hajatan Rakyat yang digelar di Lapangan Pancasila Simpanglima, Semarang. Foto: tmgp

”Hari ini saya merasa terpukul, karena tadi salah satu aktor yang memerankan Semar, hari ini dipanggil Yang Maha Kuasa. Innalillahi Wa Inna Ilaihi Rojiun, kita semua berduka atas kepergian beliau,” ucap Ganjar, saat hadir dalam Hajatan Rakyat di Lapangan Pancasila Simpanglima, Semarang, Sabtu (10/2/2024).

Ganjar pun mengajak ratusan ribu warga yang hadir dalam kampanye itu, untuk menundukkan kepala sejenak. Ganjar mengajak para relawan dan pendukungnya, untuk mengheningkan cipta dan mendoakan almarhum Subono.

”Saya ingin kita semua berdoa memohon pada Allah SWT, semoga almarhum bisa diterima di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa,” ucap Ganjar memimpin doa.

BACA JUGA: Bawaslu Grobogan Catat Satu Pelanggaran Pidana Pemilu dan Dua Pelanggaran Administratif Selama Kampanye

Disampaikan juga, almarhum Blacius Subono adalah seniman yang memiliki dedikasi tinggi. Dia seorang aktor yang sangat gigih melestarikan kebudayaan.

”Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo tadi bilang, beliau menyiapkan pentas itu dengan persiapan yang sangat matang, dengan semangatnya yang luar biasa. Semoga kita yang muda akan bersemangat dan melanjutkan perjuangannya,” imbuhnya.

Selain berduka untuk Blacius Subono, Ganjar juga menyampaikan duka mendalam atas bencana banjir yang melanda Demak dan Grobogan. Dia mengajak seluruh pendukung Ganjar-Mahfud, untuk turun membantu warga yang menjadi korban bencana banjir.

”Seluruh pendukung Ganjar-Mahfud, ayo kita bantu saudara-saudara kita, agar mereka yang sedang menderita, mendapatkan bantuan. Dan tentu ini bagian yang mesti diinternalisasikan dalam diri kita. Insya Allah ke depan, setiap kita merencanakan pembangunan, Ganjar-Mahfud akan melakukan mitigasi bencana,” pungkasnya.

HP