Ketua KPU Wonogiri, Satya Graha (kedua dari kiri) didampingi Sekda Haryono dan Kapolres AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah (kesatu dan ketiga dari kiri), siap mengucurkan air dari kendi untuk menandai keberangkatan truk pengangkut logistik.(Dok.Humas Polres Wonogiri)
WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Distribusi logistik Pemilu 2024 Kabupaten Wonogiri, berjalan lancar dan aman. Meski sempat diwarnai ada truk pengangkutnya yang mengalami kecelakaan terguling, sebelum mencapai titik sasaran.

Kapolres Wonogiri Andi M Indra Waspada Amirullah melalui Kasi Humas Polres AKP Anom Prabowo, menyatakan, distribusi logistik dilakukan dari gudang penyimpanan di Gelanggang Olahraga (GOR) Giri Mandala Wonogiri. Untuk selanjutnya dikirim ke tingkat Pantia Pemilihan Kecamatan (PPK) di 25 kecamatan se Kabupaten Wonogiri.

Distribusi dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wonogiri Pimpinan Ketua Satya Graha, dengan mendapatkan pengawalan pengamanan dari personel Polres Wonogiri. Untuk selanjutnya, akan dilakukan distribusi secara berjenjang dari PPK ke PPS, dan pada hari H-1 atau Selasa (13/2, harus siap di 3.910 TPS se Kabupaten Wonogiri.

Yakni truk boks berplat nomor B-9303-SXR, pengangkut losgitik Pemilu 2024 untuk tujuan ke PPK Bulukerto. Sempat mengalami kecelakaan tunggal, terguling di Kilometer 35 ruas jalan antarprovinsi Wonogiri (Jateng)-Ponorogo (Jatim). Tepatnya di Dusun Jatirejo, Desa Miricinde, Kecamatan Purwantoro, Wonogiri.

Saat terguling, truk boks tersebut, mengangkut 292 kotak suara berikut logistik surat suara dan kelengkapan lainnya. Meski terguling, tapi segera dapat diatasi, dan proses pengiriman ke PPK Bulukerto dapat dilakukan dengan aman.

Pengiriman logistik Pemilu 2024 Kabupaten Wonogiri mencakup 5 Daerah Pemilihan (Dapil). Terdiri atas Dapil-1 (Wonogiri Kota, Selogiri, Eromoko, Wuryantoro dan Manyaran) dengan jumlah sebanyak 4.575 unit.

Dapil-2 (Ngadirojo, Sidoharjo, Nguntoronadi, Jatipurno dan Girimarto) sebanyak 4.025 unit, Dapil-3 (Purwantoro, Bulukerto, Slogohimo, Kismantoro dan Puhpelem) sebanyak 3.615 unit.

Berikut untuk Dapil-4 (Batuwarno, Tirtomoyo, Baturetno, Jatiroto dan Jatisrono) sebanyak 4.125 unit, dan untuk Dapil-5 (Pracimantoro, Giritontro, Giriwoyo, Karangtengah dan Paranggupito) sebanyak 3.210 unit. Totalnya berjumlah 19.550 unit.
Bambang Pur