Peternakan milik Endang Mujiati di Dukuh Trobayan RT 01, Desa Trobayan, Kalijambe ludes tinggal puing, setelah diamuk si jago merah Jumat (9/2) Pukul 02.30.Foto: Anind

SRAGEN (SUARABARU.ID)– Kebakaran hebat menimpa peternakan ayam milik Endang Mujiati (44) di Dukuh Trobayan RT 01 Desa Trobayan, Kecamatan Kalijambe, Sragen, Jumat (9/2) Pukul 02.30.

Musibah kebakaran dipicu adanya tabung gas mengalami kebocoran dan terbakar. Api dengan cepat menjalar di kandang berisi 13.000 ayam dan 5.220 Kg pakan ayam.

Tak hanya itu, kandang ayam beserta sebuah sepeda motor Honda AD-5472-HN milik Endra Setyanto penjaga peternakan, satu unit genset serta delapan buah blower, hangus terbakar. Jumlah kerugian akibat kebakaran itu ditaksir pemilik mencapai Rp 1,2 miliar.

”Kebakaran dengan cepat membuat kandang beserta isinya ludes,” tutur Endang Mujiati dihadapan petugas Polsek Kalijambe, Jumat (9/2).

Kapolsek Kalijambe AKP Sukarno beserta jajaran mengamankan puing tabung gas warna hijau ukuran tiga kiloan, diduga pemicu kebakaran.

Musibah kebakaran diketahui saat Endang Mujiati akan mengecek di kandang ayam miliknya yang berada di kebun kosong di Dukuh Trobayan RT 01, Desa Trobayan, Kalijambe, sragen Jumat Pukul 02.30 dini hari.

Disaat memasuki kandang, pemilik melihat ada kobaran api dari gas tiga kiloan di tengah kandang, dekat alat pemanas kandang ayam Gasolec.

Melihat kobaran api, korban terkejut dan bergegas berlari keluar memanggil penjaga kandang, saksi Endra Setyanto dan Krisma Ari Rijanto, untuk mengeluarkan tabung gas yang terbakar dan berusaha mematikan aliran listrik. Namun kobaran api dari tabung gas, telanjur besar menjalar dan membakar barang yang mudah terbakar. Sehingga kobaran api sulit dikuasai.

Karena mereka sudah tak memungkinkan bisa memadamkan api, saksi berlari ke perkampungan dan membangunkan warga agar membantu memadamkan kebakaran. Sejumlah warga berdatangan ke lokasi.

Ada juga yang berinisiatif menghubungi mobil Pemadam Kebakatan (Damkar) terdekat yang mangkal di dekat Pasar Gemolong, Sragen. Sungguh malang, saat mobil damkar tiba di lokasi, api sudah membumbung tinggi membakar peternakan ayam itu.

”Api berhasil dipadamkan petugas damkar sekitar Pukul 05.30 dan keadaan sudah terkendali,” tutur Kapolsek Kalijambe AKP Sukarno mewakili KapolresSragen AKBP Jamal Alam. Dikatakan peternakan ayam itu tidak diasuransikan. Musibah kebakaran murni kecelakaan dan tidak ditemukan unsur pidana.

Anind