blank
Lapas Semarang saat gelar Bimtek persiapan pelaksanaan pemungutan suara. Foto: Dok/Humas

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Jelang pemilihan umum (Pemilu) 14 Februari 2024, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Semarang melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) pelaksanaan pemungutan suara, Jumat (9/2/2024).

Kegiatan yang digelar di Aula Lapas ini membahas tugas KPPS, teknis admin Sirekap, alur pemungutan suara hingga perhitungan suara.

Pada kesempatan tersebut tim PPK Kecamatan Ngaliyan dan PPS Kelurahan Wates menjelaskan materi kepada anggota KPPS Lapas.

Diketahui, Lapas Semarang merupakan tempat pemungutan suara (TPS) lokasi khusus (loksus). TPS loksus ini diperuntukkan bagi masyarakat yang tidak bisa melakukan pencoblosan (Pemilu) di tempat asalnya dikarenakan kondisi tertentu.

Kepala Lapas Semarang, Usman Madjid menyampaikan, nantinya ada 6 TPS yang akan menjadi tempat pemungutan suara bagi warga binaan (narapidana) yang ada di Lapas Semarang.

“Kami telah berkoordinasi bersama KPU, terkait tempat lokasi khusus yang akan digelar disini. Kami juga telah melakukan pemutakhiran data pemilih yang ada di Lapas,” ujarnya.

Usman menyebut, hingga saat ini ada total 1510 narapidana,. Jumlah tersebut akan berubah lantaran beberapa warga binaan ada yang bebas menjelang pemilihan.

Dalam waktu dekat ini, kata Usman, Lapas Semarang mulai mempersiapkan TPS. Lokasi yang dipilih adalah Aula Kunjungan yang diperkirakan dapat menampung banyak orang.

Ning S