blank
Processed with VSCO with m6 preset

 KOTA MAGELANG (SUARABARU.ID)–Makanan khas dari suatu daerah menjadi salah satu andalan yang dicari oleh wisatawan. Contohnya Kota Magelang yang dikenal dengan Gethuknya, olahan makanan manis yang berbahan dasar singkong tersebut kerap dicari wisatawan yang berkunjung ke Magelang untuk dijadikan oleh-oleh. Namun masih banyak makanan dan minuman khas lainnya dari Magelang yang menarik minat wisatawan.

Magelang mempunyai berbagai makanan dan minuman yang gemar dicari oleh orang-orang yang singgah ke Magelang. Salah satunya Depot Es Semanggi yang telah berdiri sejak tahun 1960-an. Hingga saat ini,depot es ini masih ramai pembeli. Mulai dari masyarakat asli Magelang hingga pendatang dari berbagai daerah yang ingin merasakan es legendaris ini.

Depot es tersebut dikelola oleh generasi turun-temurun dengan menjaga kekhasan dari rasa sirup perasa yang digunakan semuanya dibuat sendiri dan resep yang dipertahankan sejak dulu. “Iya kalau sirup semuanya itu bikin sendiri tapi kaya isiannya pleret, roti, gitu udah ada yang bikini” kata penjualnya yang terhitung sudah generasi ketiga.

blank
Processed with VSCO with m6 preset

Hal itulah yang menjadi keunikan dari depot es ini sehingga ramai pembeli karena tak jarang pembeli yang sudah berumur datang dari lain daerah hanya untuk menikmati es ini sembari nostalgia kenangan yang ada di tempat itu.

Dengan harga yang terjangkau mulai dari Rp 3.500 sampai Rp 11.000 saja, pembeli dapat menikmati kesegaran Es Semanggi ini. Varian sirup yang digunakan tersedia dengan tiga varian yaitu sirup coklat, susu, dan sirup yang berwarna merah muda yang rasanya pun berbeda-beda.

blank

Processed with VSCO with m6 presetSelain sirupnya yang khas, denganharga tersebut pelanggan sudah dapat menikmati varian topping yang tersedia juga seperti roti, plered, kelapa muda, dan masih banyak lagi yang sangat cocok dipadukan dengan sirup-sirup manis tersebut.

Tak hanya memiliki rasa khas yang unik namun lokasi dari depot ini menjadi keunikan tersendiri. Di basement salah satu mal yang ada di sekitar alun-alun Kota Magelang, depot es ini buka mulai pukul 10.00-16.00 tetapi jika sedang ramai pembeli depot bisa tutup lebih awal.

Wilma Putri Andina