blank
Petugas KAI menghias lokomotif yang biasa menarik rangkaian gerbong KA Kaligung, Minggu (4/2/2024). Foto: KAI

TEGAL (SUARABARU.ID) – Menyambut 25 tahun beroperasinya Kereta Api Kaligung, Minggu (4/2/2024), bertempat di Stasiun Tegal, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi 4 Semarang berkolaborasi dengan Komunitas Railfans (RF) Tegal melaksanakan kegiatan Hias KA dan Pameran Foto KA Kaligung dari masa ke masa.

Dengan mengusung tema ’25 Tahun KA Kaligung Terus Bergerak, Semarak Tahun Perak’, kegiatan ini KAI bersama komunitas RF Tegal menghias tampilan lokomotif dan kereta makan KA Kaligung dengan corak biru oranye menyesuaikan logo KAI yang dihias dengan rangkaian bunga, dan penempelan Livery sticker khusus bertuliskan 25 Tahun KA Kaligung Terus Bergerak, Semarak Tahun Perak

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo, menyampaikan bahwa peringatan ini merupakan wujud apresiasi ke para pelanggan KA, dimana sudah 25 tahun beroperasinya KA Kaligung dalam melayani masyarakat Jawa Tengah dan sekitarnya.

“KAI mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah setia menggunakan KA Kaligung dalam bertransportasi hingga saat ini, tidak terasa KA Kaligung telah beroperasi selama 25 tahun sejak 4 Februari 1999 silam,” katanya.

Selama beroperasinya KA Kaligung tersebut, banyak terjadi perubahan jenis rangkaian yang digunakan baik dari menggunakan Kereta Rel Diesel (KRD) kemudian berevolusi menjadi rangkaian Kereta Rel Diesel Indonesia (KRDI), Kereta Rel Diesel Elektrik (KRDE) hingga rangkaian kereta yang ditarik lokomotif.

“Transformasi perubahan rangkaian KA Kaligung dari masa ke masa tersebut juga telah KAI persembahkan melalui Pameran Foto yang diambil langsung oleh rekan Komunitas RF Tegal yang disuguhkan di Hall Stasiun Tegal pada hari ini,” ujar Franoto.

Sebanyak 10 foto potret KA Kaligung dari masa ke masa dipamerkan di Hall Stasiun Tegal dengan tujuan untuk mengenang perjalanan KA Kaligung yang telah beroperasi 25 tahun kepada seluruh pelanggan KA di Stasiun Tegal.

Nama Kaligung sudah sangat melekat di kalangan masyarakat Tegal hingga Semarang karena kesetiaannya melayani perjalanan di lintas Tegal hingga Semarang. KA Kaligung selalu menjadi primadona masyarakat Tegal dan sekitarnya untuk bepergian menuju ke Semarang karena pilihan jadwalnya yang beragam, serta harganya yang relatif terjangkau.

Kini, kereta api Kaligung sudah menambah jangkauan layanannya hingga Cirebon Prujakan sejak tahun 2019 dengan kemunculan Kaligung New Image yang saat ini memiliki kelas eksekutif dan ekonomi.

KA Kaligung saat ini beroperasi 10 kali perjalanan atau lima kali perjalanan pulang pergi setiap harinya serta memiliki relasi dari Semarang Poncol menuju Weleri, Batang, Pekalongan, Pemalang, Tegal, Brebes hingga Cirebon Prujakan dan sebaliknya.

“Untuk kelas, KA Kaligung memiliki 2 pelayanan kelas, yakni kelas Ekonomi dengan rentang harga Rp 75.000 – Rp 120.000 dan kelas Eksekutif dengan rentang harga Rp 90.000 – Rp 145.000,” ungkap Franoto.

Menurutnya, tren pertumbuhan penumpang KA Kaligung juga sangat baik, dimana pada kurun waktu 3 tahun terakhir terus mengalami peningkatan. Untuk penumpang KA Kaligung pada tahun 2021 sebanyak 480.472 pelanggan, tahun 2022 sebanyak 803.523 pelanggan dan tahun 2023 sebanyak 876.758 pelanggan.

Perjalanan bersama kereta api Kaligung selalu memiliki cerita tersendiri bagi pelanggan setianya. Pesona pantai utara selalu memikat mata setiap kali melihat ke balik jendela saat melewati Stasiun Plabuan. Hingga alunan gambang semarang yang menghadirkan kesan tersendiri setiap tiba di stasiun tujuan.

“Selain menghias KA dan pameran foto, kami dari KAI juga memberikan surprise gift kepada para penumpang KA Kaligung terpilih. Sebanyak 50 goodie bag berisikan souvenir KAI diberikan secara langsung kepada para penumpang di dalam KA Kaligung,” tutup Franoto.

Hery Priyono