blank
Pembukaan peresmian Kantor BPBD Kota Salatiga oleh Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, Jumat 2 Februari 2024. (Foto: Pemprov Jateng)

SALATIGA (SUARABARU.ID) –  Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana meresmikan Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Salatiga pada Jumat 2 Februari 2024.

Gedung seluas 8.000 meter persegi yang dibangun dengan anggaran Rp1,3 miliar itu berada di Jalan Lingkar Selatan (JLS) Salatiga, Gamol, Kelurahan Kecandran, Kecamatan Sidomukti, Kota Salatiga.

“Jadi pembangunan ini menggunakan dana APBD Kota Salatiga ya, anggarannya sekitar Rp1,3 miliar pembangunannya,” kata Nana usai acara peresmian.

Nana mengatakan, keberadaan kantor baru itu diharapkan akan semakin mendukung tugasnya dalam penanganan bencana. Personil yang bertugas juga harus berkualitas dan profesional.

Selain itu, lanjut dia, kesiapsiagaan personel juga harus diutamakan, mengingat personel di BPBD Kota Salatiga bisa diperbantukan ke daerah lain bila dibutuhkan.

Walaupun Kota Salatiga merupakan daerah dengan tingkat kerawanan bencana sedang, namun menjaga kesiapsiagaan adalah keharusan.

Sebab, dikatakan Nana, keberadaan BPBD Salatiga memiliki peran sebagai penyangga daerah sekitarnya, yang memiliki tingkat kerawanan yang lebih tinggi.

“Kalau di sini tidak ada bencana, mereka bisa kita perbantukan ke kabupaten-kabupaten lain, di sekitar yang mendapatkan bencana,” kata Nana.

Setali tiga uang, Pj Wali Kota Salatiga, Yasip Khasani menambahkan,  BPBD Salatiga memiliki peran penting bagi daerah sekitarnya.

“BPBD di sini sebagai penyangga untuk wilayah-wilayah seperti Boyolali, Kabupaten Semarang, bahkan sampai di Kabupaten Grobogan,” kata dia.

Yasip mengaku, berkomitmen bila personel BPBD Salatiga diperbantukan untuk daerah lain yang terkena bencana.

Diaz Aza