blank
Processed with VSCO with l1 preset

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID) – Berwisata merupakan kegiatan yang menyenangkan dan dinantikan oleh semua orang. Tak jarang orang-orang yang memiliki kegiatan padat menyempatkan sedikit waktunya untuk berwisata dan melepas kepenatan sejenak.

Banyaknya tempat wisata sekarang ini ternyata masih banyak tempat-tempat yang cocok dijadikan untuk berekreasi namun belum banyak dikenal oleh masyarakat luas seperti salah satu destinasi wisata alami yang terletak di Dusun Gumuk, Desa Treko, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, yaitu Kali Udal Gumuk.

Kali Udal Gumuk adalah sungai kecil dengan aliran langsung dari mata airnya yang segar dan masih alami. Tempat yang disebut sebagai hidden gem ini memiliki daya tarik airnya yang masih jernih dan berada jauh dari keramaian sehingga cocok bagi yang ingin mencari ketenangan karena belum banyak orang yang mengetahui tempat ini.

blank
Seorang pemng8unjung berenang di sungai berair bening. FotoL Willma Putri Andina

Tempat ini cocok untuk bersantai sendiri atau pun bersama-sama dengan teman dan keluarga. Dengan ketinggian air yang tidak terlalu dalam, maka pengunjung dapat berenang untuk menikmati kesegaran airnya atau hanya dengan bermain. Disediakan juga untuk penyewaan ban dengan tarif Rp 5.000 dan dapat digunakan sepuasnya.

“Saya suka ke sini soalnya kan sepi jadi enak buat main sama temen-temen bisa sekalian olahraga juga,” kata Axel salah seorang pengunjung yang mengaku sering ke tempat tersebut untuk sekadar bermain.

Jika Anda memiliki waktu luang di hari biasa maka sebaiknya berkunjung saat pagi di hari biasa karena tidak seramai saat hari libur. “Ramenya pas weekend gitu, kalau ga libur ya paling anak-anak deket sini yang ke sini,” kata salah satu penjaga warung makan di sana.

blank
Keindahan eksotik di Sungai Udal Gumuk yang bening danm menyejukkan. Foto: Willma Putri Andina

Pengelolaan tempat tersebut saat ini masih dikelola oleh anak-anak remaja yang ada di desa sekitar dan biaya pengelolaan hanya dari dana desa dan kas sukarela dari pengunjung. Untuk saat ini pengelola belum mengenakan tarif masuk, cukup dengan membayar tarif parkir Rp 3.000 untuk motor dan Rp 5.000 pengunjung sudah dapat menikmati fasilitas yang memadai yaitu kamar mandi dan warung-warung makanan.

Untuk sampai di Kali Udal Gumuk, Anda harus sedikit berjalan kaki dari tempat parkir kendaraan dengan jalanan bebatuan yang masih alami juga namun aman untuk para pengunjung.

Willma Putri Andina-Mg