blank
Kepala Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah, Tejo Harwanto memberikan pengarahan kepada Pejabat Fungsional Tertentu Divisi Pelayanan Hukum dan HAM. Foto: Dok/Kanwil

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kepala Kanwil (Kakanwil) Kemenkumham Jawa Tengah, Tejo Harwanto memberikan pengarahan kepada Pejabat Fungsional Tertentu (JFT) Divisi Pelayanan Hukum dan HAM (Yankumham) di Aula Kresna Basudewa Kanwil, Selasa (30/1/2024).

Tejo menyampaikan kepada JFT Penyuluh Hukum untuk mensosialisasikan tentang pengendalian kemiskinan, peraturan daerah, dan netralitas seorang aparatur sipil negara (ASN).

Tejo menegaskan agar menjaga netralitas para JFT Perancang Peraturan Perundang-undangan, Penyuluh Hukum, dan Analis Hukum. Ia juga menegaskan untuk menghindari segala aktivitas politik, karena penegak hukum termasuk Kemenkumham sedang menjadi perhatian masyarakat menjelang pemilu.

“Jangan sampai kegiatan sosialisasi, penyuluhan, dan harmonisasi ditunggangi oleh politik. Saya tidak ingin jajaran saya ternyata terlibat, tapi dia tidak tahu,” ungkapnya.

“Masyarakat melihat bukan karena pribadinya, tapi karena pakaiannya. Apa yang dilakukan akan membawa nama baik Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah, entah itu baik maupun tidak,” tambahnya.

Pada kesempatan itu Tejo juga menjelaskan terkait kedudukan JFT di dalam sebuah organisasi. Tejo menilai bahwa cara yang tepat untuk meningkatkan kinerja yaitu dengan bekerja secara tulus kepada organisasi.

“Bekerjalah secara tulus. Orang yang tulus akan menciptakan kebahagiaan, tidak bekerja sendiri, gotong royong, tidak iri dan syirik, serta tidak sawang-sinawang dengan orang lain,” tandasnya.

Sebelumnya, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Anggiat Ferdinan menyampaikan kepada para JFT untuk saling berkoordinasi satu sama lain, agar pelaksanaan tugas dan fungsi berjalan maksimal dan berkesinambungan.

Ning S