blank
Para Lansia yang datang ke Posyandu Ngudi Saras di Kampung Madyorejo, Kelurahan Jetis, Kecamatan dan Kabupaten Sukoharjo, memperoleh pelayanan cek tensi (tekanan darah), penimbangan badan dan senam sehat bersama.(Dok Begug SW)

SUKOHARJO (SUARABARU.ID) – Ngudi Saras (Berupaya Sehat) adalah nama Posyandu Lansia (Lanjut Usia) di Kampung Madyorejo RT 01/RW 7, Kelurahan Jetis, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo.

Secara rutin, Ngudi Saras, memberikan pelayanan kesehatan secara gratis kepada para Lansia. Para Adi Yuswa (sepuh) yang datang ke Posyandu, memperoleh pelayanan cek tensi (tekanan darah), penimbangan berat badan dan pengobatan ringan. Yang kemudian diteruskan senam sehat bersama.

Koordinator Posyandu Lansia, Begug SW, menyatakan, Posyandu  Lansia menempati rumah warga panggil Sugino dan Drg Ika Kusumawati, yang juga sebagai tim kesehatan. Sebagaimana pada Hari Minggu (28/1), kegiatan pelayanan di Posyandu dimulai dari Pukul 06.00 wib pagi.

Instruktur Senam Sehat Drs Suroto, menyampaikan, senam rutin bagi para lansia yang dilakukan secara terukur dan teratur, bertujuan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh serta kelenturan otot. Yang dampaknya, dapat meningkatkan kualitas kesehatan, mengendalikan kadar gula darah, sehingga terhindar dari diabetes.

Juga membangun kekuatan otot dan tulang, sehingga bisa mencegah osteoporosis dan meningkatkan kelenturan gerak anggota tubuh. Juga untuk meningkatkan keseimbangan energi dan mengurangi ketegangan, menghindarkan kecemasan serta mencegah depresi dan stres. Agar badan menjadi sehat dan kuat, sehingga ibadah lancar.

Untuk pemeriksaan kesehatan, tampil tim kesehatan yang dipimpin Drg Ika Kusumawati bersama Bidan Mafhtukhah Budiati Amd Keb dan Apoteker Erlina Pransiscawati SFarm. Hari Minggu (28/1), ada 20 orang Lansia yang mendapatkan pelayanan pemeriksaan kesehatan. Diantara mereka, ada yang kemudian diberikan obat dan vitamin.

Ketua RT Joko Sarjana SH, memberikan apresiasi kepada Tim Kesehatan Posyandu yang setia melayani para Lansia. ”Terima kasih Bapak dan Ibu, yang dengan sabar telah memberikan pelayanan secara rutin, pada setiap Minggu keempat setiap bulannya,” ujarnya.
Bambang Pur