Tasyakuran HBI ke-74 Kanwil Kemenkum HAM Jateng di Aula Balai Diklat setempat. Foto : SB/dok Tikim Kanim

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Wonosobo mengikuti upacara peringatan Hari Bhakti Imigrasi (HBI) ke-74 tahun 2024 di Badiklat Kemenkum HAM Jawa Tengah di Semarang, Jum’at (26/1/2024), kemarin.

Upacara peringatan HBI ke-74 tersebut dihadiri langsung oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Wonosobo KA Halim, jajaran pejabat struktural dan Ibu-Ibu Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kanim Wonosobo.

Inspektur upacara peringatan HBI ke-74 yakni Kepala Kanwil Kemenkum HAM Jawa Tengah Tejo Harwanto. Sedang komandan upacara yaitu Guntur Sahat Hamonangan Kepala Kantor Imigrasi Semarang dan dihadiri oleh seluruh perwakilan Kantor Imigrasi di Jawa Tengah.

Kepala Kanwil Kemenkum HAM Jateng, Tejo Harwanto yang membacakan sambutan Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna H Laoly menyatakan HBI merupakan momen istimewa untuk merayakan pencapaian, dedikasi dan komitmen yang telah membentuk perjalanan panjang Dirjen Keimigrasian Kemenkum HAM RI.

Potong Tumpeng

Sejumlah Kanim di lingkungan Kanwil Kemenkum HAM Jateng mengikuti upacara HBI ke-74 di Aula Diklat setempat. Foto : SB/dok Tikim Kanim

“Harus ada transformasi peran keimigrasian melalui strategi digitalisasi sebagai tema Hari Bhakti Imigrasi (HBI). Hal itu, diharapkan bisa direfleksikan dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi keimigrasian,” tegas dia.

Direktorat Jenderal Keimigrasian Kemenkum HAM RI, lanjut Yosanna, pada perjalannya selama 74 tahun menghadapi tantangan yang tidak terelakkan, termasuk masa depan yang semakin kompleks. Tantangan tersebut harus bisa dihadapi setiap insan Imigrasi.

Setelah upacara selesai kegiatan dilanjutkan dengan tasyukuran Hari Bhakti Imigrasi (HBI) ke-74 di Aula Yasonna H Laoly Balai Diklat Kemenkum HAM Jateng. Acara tasyakuran berjalan cukup hikmad dan diwarnai suasana penuh kekeluargaan.

Dalam tasyukuran tersebut dilakukan pemotongan tumpeng oleh Kepala Kanwil Kemenkum HAM Jateng Tejo Herwanto dan diserahkan kepada Kepala Divisi Imigrasi Jawa Tengah serta dilanjutkan pemberian kepada perwakilan ASN Purnabhakti Imigrasi.

Muharno Zarka