PKY Jawa Tengah saat berkunjung ke kantor Bawaslu Jawa Tengah. Foto: Dok/PKY

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Penghubung Komisi Yudisial (PKY) Jawa Tengah melakukan kunjungan ke kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Tengah, Jumat (

Kunjungan ini untuk meningkatkan koordinasi dan sinergi antara kedua lembaga dalam pemantauan persidangan terkait pemilu tahun 2024.

Dalam kunjungannya, Koordinator PKY Jawa Tengah, Muhammad Farhan didampingi PIC pemantauan dan sosialisasi serta mahasiswa magang.

“Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari deklarasi bersama KY, KPU, Bawaslu, Perludem, FH UI dalam pengawasan persidangan pemilu tahun 2024 beberapa waktu lalu. Komisi Yudisial berkomitmen menjaga independensi peradilan dan memastikan proses persidangan pemilu berlangsung secara transparan dan adil,” jelasnya

Dalam pertemuan tersebut, disepakati untuk saling berbagi informasi terkait perkembangan persidangan pemilu, potensi konflik, dan langkah-langkah yang perlu diambil untuk menjaga integritas pemilu.

Koordinasi yang baik antara PKY Jawa Tengah dan Bawaslu Jateng diharapkan dapat meningkatkan kualitas pemantauan, serta meminimalkan risiko pelanggaran hukum selama proses pemilu berlangsung.

“Kami sangat mengapresiasi kunjungan ini sebagai bentuk komitmen bersama untuk memastikan pemilu tahun 2024 berjalan dengan lancar dan sesuai dengan prinsip-prinsip demokrasi yang kuat,” ujar anggota Bawaslu Jateng, Rofiuddin.

Dalam pertemuan juga dibahas terkait upaya pencegahan dan penanganan potensi sengketa pemilu di masa mendatang. Dan langkah-langkah konkret untuk memperkuat kerja sama antara Komisi Yudisial dan Bawaslu dengan pertukaran informasi.

Kunjungan ini mencerminkan sinergi antarlembaga dalam menjaga integritas dan keberlangsungan proses demokrasi di Jawa Tengah.

Ning S