blank
Kereta Api Kaligung. Foto: Dok/KAI

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Liburan ke berbagai kota kini semakin mudah dengan beragam pilihan moda transportasi. Salah satu opsi transportasi yang menyenangkan untuk dipilih adalah kereta api.

Kereta api masih menjadi salah satu moda transportasi unggulan yang banyak diminati masyarakat untuk berlibur, karena ketepatan waktunya serta memiliki waktu tempuh yang lebih cepat dibandingkan moda transportasi lain.

Salah satu kereta api favorit yang digunakan masyakat Jawa Tengah tidak lain adalah Kereta Api Kaligung. KA Kaligung merupakan KA yang dioperasikan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 4 Semarang dan memiliki relasi dari Semarang Poncol menuju Weleri, Batang, Pekalongan, Pemalang hingga Tegal dan sebaliknya. KA Kaligung beroperasi 10 kali perjalanan atau 5 kali perjalanan pulang pergi setiap harinya.

Tren pertumbuhan penumpang KA Kaligung juga sangat baik, dimana pada kurun waktu 3 tahun terakhir terus mengalami peningkatan. Untuk penumpang KA Kaligung pada tahun 2021 sebanyak 480.472 pelanggan, tahun 2022 sebanyak 803.523 pelanggan dan tahun 2023 sebanyak 876.758 pelanggan.

Dengan menggunakan KA Kaligung, ada banyak kota dan kabupaten dengan segudang wisata seru dan menarik yang bisa dikunjungi saat liburan. Berikut beberapa rekomendasi tempat wisata dekat stasiun kereta yang wajib dikunjungi.

Semarang:
1. Kota Lama Semarang
Bagi kalian yang senang mengunjungi wisata bersejarah maka Kota Lama Semarang menjadi salah satu pilihan yang harus di datangi karena ada banyak bangunan sejarang dari zaman perdagangan pada abad 19-20 masa itu. Kamu hanya perlu menempuh jarak 700 meter dari Stasiun Tawang Semarang dengan waktu tempuh kurang dari 5 menit dengan berjalan kaki.

2. Lawang Sewu Semarang
Lawang Sewu juga menjadi destinasi wajib jika kamu datang mengunjungi semarang karena tidak hanya bangunan bersejarah peninggalan belanda namun juga Lawang Sewu sebagai Kantor gedung bersejarah milik PT Kereta Api Indonesia (Persero) yang awalnya digunakan sebagai Kantor Pusat perusahaan kereta api swasta Nederlandsch-Indische Spoorweg Maatschappij (NISM). Jika diantara kamu senang dengan penelusuran bangunan cagar budaya cocok jadi salah satu list yang harus kamu kunjungi, dengan akses dari Stasiun Tawang Semarang hanya memerlukan waktu 10 menit dan jarak yang di tempuh hanya 4 kilometer.