blank
Bupati Indrata Nur Bayu Aji (baju putih kanan) mengukuhkan Satlinmas se Kecamatan Nawangan, Kabupaten Pacitan. Upacara pengukuhan dilaksanakan di Pendapa Kecamatan Nawangan.(Dok.Prokopim Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Selain mengemban tugas utama, insan Satlinmas (Satuan Pelindungan Masyarakat) juga memiliki tugas mulia sebagai penjaga tradisi. Mulai dari tradisi kegiatan gotong royong, kerja bakti, hingga membantu warga yang menggelar hajatan.

Bagian Prokopim Pemkab Pacitan, mengabarkan, penegasan di atas disampaikan Bupati Pacitan Indrata Nur Bayu Aji, saat melakukan pengukuhan Satlinmas Desa se- Kecamatan Nawangan. Acara pengukuhan dilaksanakan Rabu (17/1), di Pendapa Kecamatan Nawangan, Kabupaten Pacitan, Jatim. Anggota Satlinmas Se-Kecamatan Nawangan yang dikukuhkan berjumlah 318 personel.

Untuk diketahui, tugas Satlinmas tertuang dalam Permendagri Nomor 84 Tahun 2014. Yakni membantu penanggulangan bencana, membantu Ketenteraman Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Trantibmas). Juga membantu dalam kegiatan sosial kemasyarakatan, serta membantu penanganan keamanan dalam penyelenggaraan Pemilu.

Adalah Siti Aisyah, Anggota Satlinmas perempuan yang sigap mengacungkan tangan dan berdiri untuk menjawab pertanyaan yang dilontarkan Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji. Anggota Satlinmas Desa Penggung, Kecamatan Nawangan ini, dengan lancar menyebutkan siapa saja warga yang menyelenggarakan hajatan di desanya. Bahkan secara rinci, disebutkan pula nama mempelainya.

Pertanyaan orang nomor satu di Pacitan itu, sekilas terkesan biasa. Namun, di dalamnya mengandung pesan mulia bagi anggota para personel Satlinmas Desa seperti Siti Aisyah. Sebab, peran mereka selain mengemban tugas utama dalam mewujudkan Tramtibmas, juga memiliki tugas mulia sebagai penjaga tradisi yang berlaku di desanya masing-masing.

”Mudah-mudahan panjenengan (kalian) bisa menjalankan tugas dengan penuh amanah. Tidak hanya menjaga keamanan ketertiban, namun juga masalah sosial lainnya,” ungkap Mas Aji (panggilan akrab Bupati Pacitan).

Dalam menjalankan tugas di masyarakat, Satlinmas diminta untuk menjalin koordinasi dan bekerjasama dengan aparat keamanan, baik Polri maupun TNI. ”Tetap semangat, mudah- mudahan segala hal yang panjenengan lakukan mendapat pahala dari Allah SWT,” ”tandas Bupati.

Pengukuhan anggota Satlinmas Desa se-Kecamatan Nawangan dirangkai dengan sosialisasi pemberantasan rokok ilegal, dan pelatihan dasar cara memadamkan kebakaran, serta teknis pengaturan lalu lintas.
Bambang Pur