blank
Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus M.S (kiri) mengalungkan tanda mahasiswa baru PPDS hasil SPMB UNS tahun akademik 2023/2024 dan telah memenuhi persyaratan serta sudah melakukan registrasi ulang pada acara yang berlangsung Senin (15/1) (Dok/Humas UNS).

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melantik 134 mahasiswa baru Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) hasil Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) UNS tahun akademik 2023/2024 dan telah memenuhi persyaratan serta sudah melakukan registrasi ulang.

Acara pelantikan dihadiri Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus, M.S., Dekan FK UNS, Prof. Dr. Reviono, dr., Sp.P(K)., Wakil Dekan di FK UNS; Kepala UPT Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) UNS, Prof. Dr. Ir. Hadiwiyono, M.Si serta pejabat akademik di lingkungan perguruan tinggi setempat berlangsung di Auditorium FK UNS, Senin (15/1/2024).

Kepala UPT SPMB UNS, Prof. Dr. Ir. Hadiwiyono, M.Si. melaporkan,  mahasiswa baru PPDS yang dilantik merupakan hasil serangkaian proses seleksi yang pendaftarannya dimulai bulan September 2023.

Seluruh proses telah dilakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Adapun jumlah mahasiswa baru PPDS yang lolos tahap dua dan telah melakukan registrasi sebanyak 134 mahasiswa.

“Proses seleksi ini dibagi menjadi dua tahap. Seleksi tahap I dilakukan dengan melakukan ujian online dengan materi TPA dan Kemampuan Bahasa Inggris atau dengan mengunggah sertifikat TPA BAPPENAS dan sertifikat TOEFL ITP/IELTS. Pelaksanaan tahap II meliputi tes wawancara Prodi, tes bidang keilmuan, psikotes, portofolio, tes kesehatan fisik (MCU), dan tes wawancara oleh pimpinan universitas dan rumah sakit,” ungkap Prof. Hadiwiyono.

Sementara itu Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus, M.S. dalam sambutannya menjelaskan, jumlah pendaftar pada ujian tahap ke-1, yakni 378 orang. Dari jumlah disebut terakhir yang dinyatakan lolos ujian tahap ke-1 dan berhak mengikuti ujian tahap ke-2 tercatat 354 prang atau sebanyak 93,65 persen.

Selanjutnya sesuai hasil ujian tahap ke-2, ada sebanyak 135 calon mahasiswa dari 15 Prodi yang telah dinyatakan lolos seleksi. Dari jumlah itu diketahui terdapat seorang calon mahasiswa yang tidak melakukan registrasi.

“Saya mendapat laporan dari UPT SPMB UNS bahwa pendaftar PPDS UNS periode II ini sebanyak 378 orang. Hal ini menunjukkan PPDS UNS semakin diminati masyarakat khususnya lulusan Fakultas Kedokteran dari seluruh Indonesia. Untuk itu kepada para mahasiswa baru PPDS periode II Tahun 2023/2024 saya sampaikan selamat dan semoga Allah memberikan kelancaran dan kesuksesan studi kalian,” papar Prof. Yunus.

Dari Humas Fakultas kedokteran UNS diperoleh keterangan, pelantikan diwarnai penyerahan daftar nama mahasiswa baru PPDS dari Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Prof. Yunus kepada Dekan FK UNS, Prof. Dr. Reviono, dr., Sp.P(K).

Mahasiswa Baru PPDS ini nantinya akan menjalani kegiatan Pra Pendidikan di FK dan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Moewardi Surakarta sebelum memulai masa pendidikan yang sebagian besar akan dijalani di RS tersebut.

Bagus Adji