blank
Ilustrasi teh bunga chamomile. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Bunga chamomile merupakan salah satu jenis bunga yang sering digunakan sebagai campuran obat-obatan herbal.

Melansir dari laman alodokter.com, bunga chamomile umumnya diolah menjadi minuman teh dan dikenal dengan nama teh chamomile. Teh ini lazim digunakan sebagai obat herbal yang memiliki manfaat sebagai peningkat kualitas tidur dan merilekskan tubuh.

Teh chamomile secara tradisional digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan. Khasiat anti-inflamasi dan antispasmodik yang dimilikinya membantu mengurangi peradangan pada saluran pencernaan dan meredakan gejala gangguan pencernaan seperti kembung, sakit perut, dan diare.

Baca Juga: 7 Manfaat Konsumsi Timun Rebus untuk Kesehatan, Kamu Wajib Tahu!

Chamomile telah lama digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan pada kulit wajah. Beberapa di antaranya yaitu membantu menenangkan kulit sensitif, mencerahkan kulit, obat jerawat alami, hingga memperlambat munculnya tanda penuaan dini. Namun, bila dikonsumsi secara berlebihan, minuman satu ini justru bisa menimbulkan efek samping yang merugikan kesehatan.

Selain sebagai obat yang mampu meningkatkan kualitas tidur. Mengonsumsi bunga yang memiliki nama latin chamomile noble dan produk turunannya diyakini memiliki segudang manfaat yang baik bagi tubuh. Dilansir dari Suara.com, berikut 3 manfaat kesehatan dari mengonsumsi bunga chamomile.

1. Menurunkan Kadar Gula Dalam Darah

Bunga chamomile memang dikenal sebagai salah satu tanaman herbal yang sudah lama digunakan dalam pengobatan tradisional. Melansir dari artikel yang terbit dalam “Complementary Therapies in Medicine”, bunga ini mampu menurunkan tekanan gula dalam darah dan mengurangi risiko stress oksidatif dan komplikasi ginjal pada pasien penderita diabetes.

Baca Juga: Meningkatkan Sistem Imun Tubuh, Ini Empat Manfaat Ceker Ayam yang Jarang Diketahui

Kandungan senyawa fenolik dan terpenoid yang terkandung dalam bunga chamomile diyakini mampu mengobati penyakit diabetes secara alami dan mencegah terjadinya peningkatan gula darah berlebih pada tubuh seseorang.

Hal ini, yang membuat ramuan obat tradisional seperti teh chamomile maupun ekstrak bunganya secara langsung digunakan untuk membantu mengurangi kompilikasi pada penderita diabetes.

2. Meringankan Gejala Menstruasi

Bagi para wanita yang kerap kali kurang nyaman saat dalam masa menstruasi, mungkin bisa mencoba untuk mengonsumsi bunga chamomile atau produk turunannya. Melansir dari artikel yang terbit dalam “Journal of Pharmacopuncture”, bunga chamomile diyakini mampu meringankan gejalan menstruasi seperti mengurangi efek kram perut dan meningkatkan suasana hati.

Kandungan bunga tersebut yang memang digunakan untuk memberikan efek relaksasi dianggap cocok untuk para wanita yang tengah dalam masa menstruasi.

Selain itu, mengonsumsi produk turunan chamomile seperti teh chamomile juga diyakini dapat menjadi obat tradisional yang memiliki manfaat sebagai anti-inflamasi dan anti-pasmodik pada masa menstruasi.

Baca Juga: Selain Dijadikan Tanaman Hias, Tiga Manfaat Bunga Teratai untuk Kecantikan

3. Membantu Mengatasi Masalah Kulit

Bunga chamomile juga diyakini mampu menjaga kesehatan kulit apabila dikonsumsi. Chamomile memang memiliki khasiat anti-inflamasi yang dapat digunakan sebagai obat kulit.

Salah satunya adalah pengobatan dalam penyakit eksim. Kamu bisa mengonsumsi produk turunan seperti teh chamomile atau ekstrak bunga tersebut untuk mendapatkan manfaat kesehatan bagi kulit tersebut.

Nah, itulah beberapa manfaat dari mengonsumsi bunga chamomile bagi kesehatan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

Claudia