blank
Majelis Tinggi Partai Nasdem

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat mengatakan, potensi cuaca ekstrem dalam sepekan mendatang, harus dihadapi dengan peningkatkan kesiapan infrastruktur di sejumlah daerah. Selain itu diperlukan kewaspadaan masyarakat, melalui sosialisasi yang berkelanjutan, terkait mitigasi bencana di Tanah Air.

”Untuk mencegah dampak cuaca ekstrem pada pekan-pekan mendatang, infrastruktur di daerah harus benar-benar dipersiapkan dengan baik. Dan yang tidak kalah pentingnya, kesiapan masyarakat memahami mitigasi potensi bencana yang akan terjadi,” kata Lestari dalam keterangan tertulisnya, Selasa (16/1/2024).

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, pada akhir pekan lalu mengungkapkan, cuaca ekstrem akan terjadi selama periode puncak musim hujan, pada Januari dan Februari 2024.

BACA JUGA: Perusahaan Penjual Apartemen Paltrow Semarang Digugat Konsumen

Potensi hujan lebat hingga sangat lebat, angin kencang, dan gelombang tinggi, memiliki peluang besar terjadi pada pekan-pekan mendatang, di sebagian besar wilayah Indonesia.

Catatan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menunjukkan, terdapat 66 bencana alam di Indonesia, selama 1-12 Januari 2024. Banjir merupakan bencana alam terbanyak pada awal tahun ini, yaitu 42 kejadian.

Bencana alam lain yang banyak terjadi, cuaca ekstrem sebanyak 17 kejadian, lalu diikuti tanah longsor sebanyak tujuh kejadian.

BACA JUGA: Kakanwil Kumham Jateng: Pembangunan ZI Harus Simultan dan Berkelanjutan, Tak Cukup Berhenti di Pencanangan

Disampaikan Lestari, sejumlah sarana infrastruktur seperti sistem drainase kota di sejumlah daerah, harus dipastikan kesiapannya.

Selain itu, ujar Rerie, sapaan akrab Lestari, pemerintah daerah juga harus mewaspadai keberadaan pohon-pohon yang rawan tumbang, menghadapi cuaca ekstrem.

Langkah terpenting menghadapi dampak cuaca ekstrem, menurut Rerie, yang juga legislator dari Dapil II Jawa Tengah itu adalah, kesiapan masyarakat dalam mitigasi bencana.

BACA JUGA: Irjen Ahmad Luthfi Pimpin Serah Terima Jabatan Dansat Brimob Polda Jateng dan Kapolres Batang

Anggota Majelis Tinggi Partai Nasdem itu berpendapat, kesiapan itu juga harus dibarengi dengan sosialisasi yang masif, terkait kawasan-kawasan di sejumlah daerah yang berpotensi terdampak cuaca ekstrem.

Dengan informasi yang memadai dan pemahaman masyarakat, baik terhadap mitigasi bencana, Rerie sangat berharap, mampu menekan dampak cuaca ekstrem yang diperkirakan melanda di sejumlah daerah di Tanah Air.

Riyan