PC IPNU-IPPNU Jepara saat menyelenggarakan Bimbingan Konseling bagi remaja di Singorejo, Mayong.

JEPARA (SUARABARU.ID)- Tingginya angka bunuh diri di kalangan remaja yang disebabkan karena depresi, maupun berbagai macam tekanan dalam hidup dapat mengancam masa depan negara. Karena saat ini generasi yang sering disebut Gen Z populasinya sangat tinggi di Indonesia.

Dengan menggandeng pihak Universitas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara, Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama-Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (PC IPNU-IPPNU) Kabupaten Jepara menyelenggarakan desiminasi bimbingan remaja usia sekolah.

Acara yang diselenggarakan di Gedung Muslimat Desa Singorojo, Kecamatan Mayong, Minggu (14/01/2023) ini dihadiri oleh anggota PAC IPU-IPPNU Mayong.

Ajeng wijayanti, Pimpinan Cabang IPNU IPPNU Jepara mengatakan tujuannya kegiatan ini yaitu membantu generasi muda khusunya tingkat pelajar  untuk menyelesaikan masalahnya terutama dalam segi mental.

“Kalau kita ada masalah kebanyakan bukan cerita tetapi menyakiti diri sendiri akibat depresi dan bahkan bunuh diri,” ujarnya.

Lebih lanjut Ajeng menambahkan hal tersebut dapat diatasi dengan cara yakni (1) mengenali kelebihan dan kelemahan (2)  Membangun Jembatan Harapan, dan (3) mengenali tantangan dan problematika.

Sementara itu, Uswatun Khasanah selaku pemateri dari PAC IPNU-IPPNU Mayong mengungkapkan pentingnya memiliki besti yang dapat dijadikan konselor dalam berbagai cerita.

“Terkadang seseorang itu tidak butuh dinasehati dia hanya butuh didengarkan, sehingga perlunya rekan IPNU-IPPNU menjadi konselor sebaya untuk teman sekitar,” ungkap Uswatun.

“Syarat menjadi seorang konselor sebaya adalah memiliki minat yang kuat dan suka rela untuk membantu orang lain, teman sebaya. Kita memiliki ketertarikan dan sikap saling membantu menyelesaikan masalah teman kita untuk mengurangi angka bunuh dirI”, terang Uswatun.

“Kegiatan konselor ini hampir sama seperti kegiatan GKMNU. Kalau GKMNU sasarannya ke warga Nahdliyin yang sudah berkeluarga. Nah, untuk bimbingan konselor ini sasarannya kepada usia muda yaitu IPNU-IPPNU”, pungkas Uswatun.

Kegiatan bimbingan konseling bagi remaja Ini merupakan salah satu kegiatan PC IPNU-IPPNU Kabupaten Jepara yang bekerja sama dengan Fakultas Syariah dan Hukum Unisnu Jepara. Yang bertujuan untuk menciptkan kemaslahatan umat.

ua/alfia