blank
Ramadhan Sananta ada di antara para pemain Timnas Indonesia, yang mendapat kesempatan menjajal lapangan, jelang laga kontra Irak di ajang Piala Asia 2023. Foto: pssi

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Penjaga gawang skuad Garuda, Ernando Ari Sutaryadi menyatakan, laga perdana Indonesia melawan Irak di Piala Asia 2023, tinggal beberapa jam lagi. Untuk itu, fokus tim lebih ke arah membangun kekompakan tim.

”Persiapan kita lebih untuk membangun kekompakan tim, dan juga cara mengasah taktikal untuk melawan Irak. Semua pemainnya harus kita waspadai, karena kita harus fokus di setiap menitnya. Irak juga tim yang matang, dan juga kekompakan mereka sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Jadi kita harus fokus,” kata Ernando usai menjajal lapangan, seperti dikutip dari situs resmi PSSI.

Dia menilai, Tim Irak sangat baik dalam permainan, umpan-umpan mereka juga berbahaya. Menurut Ernando, dengan kekompakan, timnya bisa menutup kesalahan sesama pemain, dan mengantisipasinya.

BACA JUGA: Upaya Komunitas Pengusaha TDA Majukan Industri Lokal

”Antisipasi pasti selalu dilakukan. Jadi kita mengasahnya dalam kekompakan, agar bisa saling menutup kesalahan sesama pemain satu dengan lainnya,” ungkapnya.

Ditanya mengenai laga tim lain sebelumnya, dia tak mau ambil pusing. Dia hanya ingin fokus pada pertandingan pertamanya.

”Melihat laga Vietnam melawan Jepang, kita ada bekal untuk mempersiapkan tim. Kami punya tim analisis. Saya hanya ingin fokus di laga perdana melawan Irak lebih dahulu. Saya dan tim ingin memberikan yang terbaik untuk Indonesia. Kita juga terus memacu semangat diri kita sendiri,” tukaas dia.

BACA JUGA: Penuntasan Kasus Kekerasan Perempuan dan Anak Harus Konsisten Dilakukan

Indonesia sebelumnya sudah pernah bertemu dengan Irak. Pertemuan terakhir kedua tim terjadi di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, yang digelar di Basra, pada 16 November 2023. Saat itu Irak mengalahkan Indonesia dengan skor telak 5-1.

Berdasarkan update terakhir FIFA pada 21 Desember 2023, Irak menempati peringkat 63, atau nomor tujuh di Asia. Sedangkan Indonesia ada di posisi 146. Laga ini sangat penting untuk membuktikan, Indonesia bisa berbuat yang terbaik.

Setelah melawan Irak, Timnas Indonesia akan menghadapi Vietnam pada Jumat (19/1/2024) di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha. Setelah itu akan melawan Jepang, Rabu (24/1/2024) di Stadion Al Thumama, Doha.

Riyan