blank
Tim UNS Surakarta dipimpin Prof. Dr. Rahmawati berkunjung ke Kabupaten Blora jajaki ekowisata di desa Sumber Kecamatan Kradenan. Kamis, 11 Januari 2024. Foto: Kudnadi Saputro Blora

BLORA (SUARABARU.ID) —  Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melakukan penjajakan kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora dalam pengembangan potensi ekowisata.

Salah satu wilayah yang akan dipetakan adalah Desa Sumber, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Blora Jawa Tengah. Langkah awal dipenjajakan itu,  Prof. Dr. Rahmawati dari UNS Surakarta bersama rombongan berkunjung ke Blora, Kamis (11/1/2024).

Kegiatannya, memetakan rencana pengembangan potensi ekowisata yang ada di Blora dengan pemberdayaan desa melalui potensi UKM batik dan budaya sedulur sikep di Desa sumber, Kecamatan Kradenan.

Prof. Dr. Rahmawati diterima langsung oleh Bupati Blora, H. Arief Rohman di Pendopo Rumah Dinas didampingi Kepala Dinas Dindakop UKM, dan Bappeda Kabupaten Blora.

Prof. Dr. Rahmawati menyampaikan tujuan  kedatangannya bersama rombongan untuk memaparkan rencana pengembangan potensi ekowisata yang ada di Blora dengan konsep pengembangan ekonomi kreatif.

”Ke depan harapannya menjadi ekonomi kreatif yang hasil akhirnya menjadikan tambahan untuk masyarakat,” jelas Rahmawati.

Menurut Prof. Dr. Rahmawati, pilihan Desa Sumber lantaran banyak potensi yang bisa di gali di desa tersebut.  Salah satunya yaitu keberadaan sedulur sikep samin dan potensi pengembangan UMKM Batik tulis yang ada di desa Sumber.

“Nanti kita akan melakukan pemetaan persoalan di masyarakat dan akan melakukan pendampingan. Beberapa waktu lalu, kami juga sudah datang ke pengrajin batik, dan kemudian nanti juga bisa ke kampung sedulur sikep samin untuk ditata dan dikembangan untuk menjadi tempat wisata. Tujuannya  tentu bisa menghasilkan tambahan ekonomi masyarakat,” ucap Rahmawati.

Bidang Lain Berpotensi

Tak hanya di bidang wisata, lanjut Prof. Rahmawati, kedepan jika dimungkinan juga bisa dikerjasamakan terkait bidang-bidang lain yang potensial dikembangkan di wilayah Blora.