Deklarasi alumni HMI Jawa Tengah, yang terwadahi dalam Majelis Wilayah Pergerakan Insan Cita Jawa Tengah for Amin, mendukung pasangan Capres-cawapres Anies Rasyid Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) di Hotel Grasia Semarang, Rabu malam (10/1/2024). Foto : Absa 

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Sejumlah aktivis alumni Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI) Jawa Tengah, yang terwadahi dalam Majelis Wilayah Pergerakan Insan Cita Jawa Tengah for Amin, deklarasi untuk mendukung Capres-cawapres Anies Rasyid Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) di Hotel Grasia Semarang, Rabu malam (10/1/2024).

Muhammad Harris, Ketua Majelis Wilayah Pergerakan Insan Cita Jawa Tengah for Amin mengatakan, bahwa dukungan tersebut sebagai bentuk puncak pengabdian para alumni HMI untuk menjadikan salah satu alumninya, menjadi Presiden RI di Pemilu 2024 mendatang.

“Malam ini, kita lakukan deklarasi sekaligus juga pengukuhan Majelis Wilayah Gerakan Insan Cita Provinsi Jawa Tengah for Amin. Ini tentu momentum yang sangat baik bagi kami, untuk mengorganisasikan teman-teman aktifis (Alumni HMI) timnya Amin, Anis-Muhaimin di Jawa Tengah ini. Dan in Syaa Allah berlanjut juga untuk Majelis Daerah di 35 Kota-Kabupaten di Jawa Tengah,” jelas Caleg DPR RI dari PKS ini.

Muhammad Harris, Ketua Majelis Wilayah Pergerakan Insan Cita Jawa Tengah for Amin Foto : Absa

Secara keseluruhan, lanjut Harris, jumlah para aktifis alumni HMI di Jawa Tengah yang berjumlah 5000 lebih, dipastikan mayoritas memberikan suaranya untuk mendukung pasangan Capres-Cawapres Amin.

“Kami tentu berfikir untuk mengumpulkan para aktifis HMI yang cukup banyak juga di Jawa Tengah, kita harapkan mereka menjadi anggota terstruktur untuk pemenangan Amin di Kabupaten-Kota di Jawa Tengah. Jumlah alumni HMI di Jawa Tengah ada lebih 5000 dan mayoritas, lebih 90 persen saya yaqin aktivis (alumni) HMI bergabung di sini,” paparnya yaqin.

Penasihat Pergerakan Insan Cita Jawa Tengah for Amin Sapto Widodo menyatakan, bahwa dinamika relawan di Jawa Tengah sangat luar biasa dalam memberikan dukungan kepada pasangan Capres-Cawapres Anis Baswedan dan Muhaimin Iskandar.

“Secara umum bahwa Jawa Tengah sangat luar biasa dinamika relawan, dengan berbagai kegiatannya dan juga dengan berbagai komunitas simpul-simpul relawan, kelompok mana saja yang mendukung dan untuk menyampaikan pesan perubahan pasangan Anis Baswedan dan Muhaimin Iskandar,” jelasnya.

Dikatakan pula oleh Sapto Widodo, bahwa dirinya bersama relawan ANIES (Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera) sudah sejak lebih dari 2 tahun lalu sudah mendorong Anis Baswedan untuk memperoleh tiket sangat luar biasa dinamikanya dan energi yang sudah dikeluarkan.

“Apalagi teman-teman alumni HMI itukan mantan-mantan aktivis yang selalu bergerak, bergumul dengan masyarakat setiap hari dari berbagai profesi dan wilayah. Mulai dari pesisir hingga pegunungan,” ungkap Koordinator Rumah Pejuang Perubahan.

Pada kesempatan itu, Kepala Deputi Saksi dan Organisasi Timnas AMIN Tamsil Linrung mengatakan, kedatangan timnas ke Jateng untuk memberikan dukungan kepada relawan untuk menyukseskan pemilu terutama menyukseskan atas calon yang didukung.

“Terkait dengan pemilu, narasi yang berkembang sejak awal adalah kecurangan. Oleh karena itu, kami minta kepada kawan-kawan di Jateng untuk lebih intens dalam mengawal pemilu,” ujarnya berpesan di sela deklarasi dan Pelantikan Majelis Wilayah Pergerakan Insan Cita for AMIN Provinsi Jawa Tengah.

Oleh sebab itu, lanjut Tamsil Linrung, upaya timnas AMIN adalah untuk mewujudkan pemilu jujur dan adil jauh dari kecurangan dirancang secara sistematis, sehingga akan disiapkan ratusan ribu relawan untuk menjadi saksi di tiap-tiap Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Jangan pernah puas hanya untuk menggunakan hak pilihnya saat mencoblos, tapi juga bagaimana bisa berperan menjadi saksi baik di TPS maupun di luar TPS, jadi kawal pemilu jurdil,” tegasnya.

Absa