Bergas C Penanggungan-M Hasan Chabibie. foto: Ist

KUDUS (SUARABARU.ID) – Pj Bupati Kudus secara resmi diganti. Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana rencananya akan melantik M Hasan  Chabibie sebagai Pj Bupati Kudus baru menggantikan Pj Bupati Kudus lama Bergas Catursasi Penanggungan yang telah memimpin Kabupaten Kudus selama tiga bulan terakhir.

Pj Bupati Kudus baru tersebut akan dilantik dan diambil sumpah jabatannya di Gedung Grhadika Bakti Praja kompleks Pemprov Jateng, Rabu (10/1) pukul 09.00 WIB bersamaan dengan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Pj Bupati Tegal yang baru.

Dalam petikan surat keputusan yang diterima Suarabaru.id, penunjukan M Hasan Chabibie berdasarkan surat dari dari Menteri Dalam Negeri Nomor 100.2.1.3-69Tahun 2024 tertanggal 7 Januari 2024 tentang pemberhentian dan pengangkatan Penjabat Bupati Kudus.

M Hasan Chabibie yang kini menjadi orang nomor satu di Kota Kretek merupakan pejabat di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi atau Kemendikbudristek.

Ia menjabat sebagai Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Kemendikbudristek. Dari Riwayat pendidikannya, Hasan Chabibie merupakan jebolan doctoral Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Pendidikan magisternya diraih pada Program Manajemen Komunikasi Universitas Indonesia. Sementara, Pendidikan S1 nya adalah Sarjana Teknik Elektro Universitas Diponegoro Semarang.

Yang cukup menarik, M Hasan Chabibie juga dikenal dari kalangan santri dan kerap disapa dengan Gus Hasan Chabibie.

Ia merupakan pengasuh Pondok Pesantren Baitul Hikmah, Depok, Jawa Barat. Hasan Chabibie juga merupakan Ketua Umum Pusat Mahasiswa Ahlith Thariqah al Mutabarah an Nahdliyyah (Matan).

Matan merupakan organisasi thariqah kepemudaan yang menjadi sarana kawah candra dimuka dalam upaya mensinergikan kedalaman spiritual dan ketajaman intelektual jiwa pemuda Indonesia.

Profil M Hasan Chabibie ini dinilai cukup cocok dengan karakter Kota Kudus yang merupakan kota santri.

Sementara, selepas menjabat sebagai Pj Bupati Kudus, Bergas Catursasi Penanggungan akan kembali fokus menjalankan tugas yang diembannya selama ini yakni sebagai Kepala BPBD Kabupaten Kudus.

Sebelum mengakhiri masa jabatannya, Bergas mengaku sudah meletakkan pondasi dasar arah pembangunan Kabupaten Kudus.

Salah satunya adalah terkait antisipasi penanganan bencana banjir di Kawasan Tanggulangin, Kecamatan Jati. Menurut Bergas, Pemkab Kudus berhasil meyakinkan Pemerintah Pusat untuk membangun tanggul penahan air untuk melindungi Kawasan Tanggulangin dari ancaman banjir.

“Usulan program yang kami tawarkan ke Pemerintah Pusat untuk membangun tanggul pengendali banjir di Kawasan Tanggulangin disetujui. Mudah-mudahan, tahun 2024 ini bisa segera terealisasi,”tandasnya.

Bergas juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Pemkab Kudus yang telah membantu dalam penyelenggaraan Pemerintahan Kabupaten Kudus selama ini. Pihaknya berharap sinergi seluruh pihak dapat membawa Kabupaten Kudus semakin baik.

Terima Kasih Pak Bergas, Selamat Datang Pj Bupati Kudus Baru!

 

Ali Bustomi