Dosen Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi (FBIK) Unissula Choiril Anwar SPd MPd, meraih gelar doktor di Unnes Semarang. Ia berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul Integrasi TPACK dalam Pembelajaran Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing di SMA Negeri Demak dalam sidang yang dilangsungkan Jum’at (5/1/2024).
Lima tujuan penelitiannya. Pertama yaitu untuk menjelaskan bagaimana guru bahasa Inggris merencanakan integrasi Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) ke dalam pengajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing di SMA negeri di Demak. Kedua untuk menjelaskan implementasi dari integrasi TPACK ke dalam pengajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing berkontribusi terhadap kemampuan bahasa Inggris siswa SMA negeri di Demak.
Ketiga untuk menjelaskan bagaimana integrasi TPACK dalam pengajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing di SMA negeri di Demak. Keempat menjelaskan tanggapan siswa SMA negeri terhadap penerapan integrasi TPACK dalam pengajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing dan kontribusinya terhadap pembelajaran English as a Foreign Language (EFL). Kelima untuk menjelaskan refleksi guru SMA negeri terhadap penerapan TPACK dalam pembelajaran EFL dan kontribusinya terhadap efektivitas pembelajaran EFL.
Penelitian dilakukan terhadap tiga guru bahasa Inggris dan 135 siswa tiga SMA negeri di Demak. Selanjutnya dirinya menyimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan pencapaian keterampilan berbahasa Inggris seperti berbicara, membaca dan menulis antara siswa sebelum mendapat metode integrasi TPACK ke dalam pembelajaran bahasa Inggris dan pencapaian prestasi belajar bahasa Inggris.
Sehingga pihaknya menyimpulkan bahwa integrasi TPACK ke dalam pembelajaran EFL berkontribusi besar dalam menciptakan pembelajaran EFL yang bermakna bagi siswa SMA negeri.