blank
Jalan tol ruang Semarang-Batang. Di jalur ini akan dibangun akses keluar tol (exit toll) Ngaliyan, Semarang. Insert: Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu. Foto: wied

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu menyebut, rencana pembangunan exit toll di Ngaliyan untuk tol Semarang – Batang bakal terealisasi.

Menurutnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang, dalam waktu dekat akan berkoordinasi dengan pihak Jasa Marga Semarang Batang, untuk membicarakan masalah ini.

“Dalam waktu dekat kami akan berkoordinasi dengan Direktur Jasa Marga Semarang Batang,” kata Mbak Ita, sapaan akrab Hevearita Gunaryanti Rahayu, Minggu (7/1/2024).

Mbak Ita menjelaskan, menurut informasi yang ia dapat, jika desain exit toll Ngaliyan ini sudah jadi. Terutama untuk keluar dan masuk akses kendaraan. “Desainnya sudah ada, nanti untuk akses keluar dan masuk,” bebernya.

Ia menjelaskan, bakal ada pembebasan lahan yang dilakukan untuk pembangunan exit toll ini. Namun ia memastikan anggaran pembebasan lahan dan pembangunan akan menggunakan dana dari Kementerian PUPR atau APBN.

“Ada pembebasan lahan, nah ini dari Kementerian semua. Intinya nanti kita ketemu dulu dengan Jasa Marga,” bebernya.

Sementara itu, Sukma Krisnadi, warga Kelurahan Ngaliyan, RT 5 RW 7 mengaku, sebelumnya sudah ada pengukuran tanah oleh pihak terkait. Bahkan sudah ada patok pembatas di wilayah perumahannya. Namun menurut informasi yang ada pembangunan batal dilakukan.

“Dulu sudah ada patok dan pengukuran, tapi menurut informasi batal ada pembangunan lanjutan,” katanya.

Sukma mengaku siap jika memang proyek tersebut jadi dilakukan, dan rumah yang ditinggali terimbas. Asalkan pembebasan lahan yang pemerintah lakukan menggunakan sistem ganti untung.

“Sebenarnya siap saja, asalkan pakai sistem ganti untung sehingga warga tidak merasa rugi,” jelasnya.

Menurut informasi, exit toll di Ngaliyan ini akan menggunakan lahan SMP N 16 Semarang yang letaknya tidak jauh dari jalan tol. Tanah dan bangunan sekolah ini sendiri, hampir separuhnya terkena pembangunan jalan tol beberapa waktu lalu.

Rencananya bakal segara ada relokasi sekolah SMPN 16 Semarang di tempat baru. Sedangkan saat ini SMPN 16 yang baru berlokasi tepat di depan Perumahan Permata Puri Ngaliyan sedang dalam tahap finishing pembangunan. Selain itu untuk pembangunan exit toll sendiri, rencananya baru akan dilakukan pembebasan lahan.

Hery Priyono