blank
Mobil rombongan wisatawan asal Bekasi Jawa Barat tersesat saat mau ke Dieng Wonosobo. Foto : SB/dok Humas BPBD

WONOSOBO (SUARABARU.ID) – Sejumlah 10 wisatawan asal Bekasi Jawa Barat yang akan melakukan liburan ke tempat wisata Dataran Tinggi Dieng tersesat di areal perkebunan teh di Desa Tlogojati Wonosobo.

Areal perkebunan teh Desa Tlogojati masuk dalam wilayah jalan baru tempat wisata alam kaki Gunung Sindoro dan masih berjarak kurang lebih 20 kilo di tempat wisata Dataran Tinggi Dieng.

Wisatawan yang tersesat di areal perkebunan teh tersebut, mengendarai dua mobil dan mengaku mengikuti arahan jalur lalu lintas dari Googel Maps untuk menuju ke lokasi wisata pegunungan Dieng.

Dari arah Kertek-Wonosobo, mereka mau menuju ke Dieng melewati jalur Simpangan Madukoro, naik sampai ke Larangan Bomerto hingga sampai di Dusun Tlagawera Tlogojati.

Sampai di pertigaaan Tlagawera, rombongan mestinya lurus menuju Keseneng Mojotengah sampai tembus ke pertigaan Jl Dieng Munggang atas bekas pabrik Dieng Jaya, tapi malah belok kanan menuju areal perkebunan teh Desa Tlogojati dan akhirnya tersesat karena salah jalan.

Kepala BPBD Kabupaten Wonosobo, Dudy Wardoyo, Jumat (5/1/2024), mengatakan peristiwa tersebut terjadi pada Kamis (4/1/2024) di areal perkebunan teh Desa Tlogojati, Kecamatan Wonosobo Kabupaten Wonosobo.

Tidak Paham

blank
Relawan BPBD dan Basarnas Wonosobo saat melakukan proses evakuasi. Foto : SB/dok Humas BPBD

“Iya benar ada wisatawan tersesat. Evakuasi korban dilakukan tim relawan BPBD dan Basarnas. Kegiatan evakuasi berlangsung hingga larut malam yakni dari pukul 16.00 hingga 20.00 WIB,” 00kata Dudi.

Kejadian bermula saat wisatawan dari luar daerah ini hendak berlibur di Wonosobo dengan tujuan Dieng. Karena belum hafal jalan, mereka pun mengandalkan Google Maps untuk navigasi menuju lokasi.

“Sesampainya di Desa Tlogojati Wonosobo mobil masuk ke jalur perkebunan dan mobil satu mengalami trouble ban selip, mobil dua mengalami pecah ban,” katanya.

Setelah mengalami kejadian tersebut, para korban kemudian menelpon Damkar BPBD Wonosobo untuk meminta pertolongan dan evakuasi. Tim Damkar meneruskan ke Basarnas Wonosobo untuk berkolaborasi dalam penanganan.

“Mobil berhasil dievakuasi sekitar 4 jam. Dan wisatawan kembali ke homestay. Mereka mengaku tidak tahu jalan menuju tempat wisata Dataran Tinggi Dieng dan mengandalkan petunjuk dari google maps,” kata Dudi.

Pihaknya menghimbau, kepada wisatawan dari luar kota yang akan berwisata ke Dieng, sebaiknya mencari informasi ke tourism information center (TIC) di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) setempat agar tidak tersesat di perjalanan.

Muharno Zarka