blank
Bakti sosial pemberian paket sembako kepada masyarakat difabel, fakir miskin, anak yatim dan anak terdampak stunting oleh TNI-Polri di Soloraya. Foto: Dok/Humas

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – TNI-Polri di Soloraya melakukan kegiatan di enam lokasi untuk membantu masyarakat difabel dan kurang mampu (dhuafa). Kegiatan yang dihadiri seluruh unsur pimpinan TNI-Polri dan Forkompinda ini dilaksanakan serentak pada Kamis (4/1/2024).

Enam lokasi tersebut antara lain, Pasar Gabugan, Kecamatan Tanon, Kabupaten Sragen, Pasar Simo dan Kantor Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali, Pasar Puluhwatu, Kecamatan Karangnongko, Kabupaten Klaten, Pasar Wisata dan Terminal Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Pasar Gawok dan Masjid Wisanggeni, Kecamatan Gatak, Kabupaten Sukoharjo, dan Pasar Kabangan, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta.

“Ini merupakan bentuk kepedulian kepada masyarakat kurang mampu, sekaligus membangun sinergitas diantara Forkompinda menjelang Pemilu,” ungkap Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (5/1/2024).

Kapolda menjelaskan, sejumlah kegiatan yang dilaksanakan diantaranya bakti sosial dengan pemberian paket bantuan sosial sebanyak 4.800 paket kepada masyarakat difabel, fakir miskin, anak yatim dan anak terdampak stunting.

Ada juga bakti kesehatan melayani pengecekan kesehatan masyarakat sekitar. Adapun layanan kesehatan yang diberikan antara lain pemeriksaan tensi, pemeriksaan gula darah, pengobatan sakit ringan dan pembagian vitamin.

“Serta karya bakti berupa pembersihan tempat fasilitas umum, guna menjaga kebersihan lingkungan dan menanamkan jiwa gotong royong TNI-Polri bersama masyarakat, sehingga nantinya nyaman dalam menjalankan aktifitas,” tandasnya

Luthfi berharap kegiatan yang dilaksanakan tidak hanya mampu meringankan beban masyarakat yang membutuhkan, tapi juga menjadi sarana cooling system menjelang Pemilu 2024.

“Kita berupaya agar masyarakat tetap bersemangat dan optimis dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Diharapkan ini berdampak situasi lingkungan yang kondusif menjelang Pemilu,” tandasnya.

Ning S