blank
ilustrasi. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Infused water adalah minuman dari campuran air putih dan buah-buahan yang direndam selama beberapa jam atau dibiarkan semalaman di kulkas. Tak hanya terasa menyegarkan saat diminum, infused water juga memiliki beragam manfaat bagi kesehatan.

Infused water atau air detoks adalah air yang telah diresapi dengan rasa buah-buahan segar, sayuran atau rempah-rempah. Minuman sehat ini dipercaya mampu detoksifikasi berkat kandungan nutrisi buah atau sayur yang ada di dalamnya.

Infused water merupakan Minuman yang bermanfaat untuk kesehatan karena terbuat dari campuran air mineral dengan berbagai jenis potongan buah-buahan segar, sayuran, herbal, serta rempah-rempah. Menariknya, Minuman ini dapat dibuat dimana saja termasuk di rumah ataupun tempat kerja.

Baca Juga: Mendukung Kesehatan Sendi, Ini Tiga Manfaat Kerang Hijau

Mungkin sebagian orang suka menambahkan potongan buah ke dalam air di minumannya. Air memang tidak hanya bisa menghidrasi, namun juga membantu dalam meregulasi suhu tubuh, melindungi kesehatan organ vital dan juga membuat kulit agar tetap sehat dan cantik.

Dilansir dari Suara.com, akan tetapi bagian sebagian orang merasa kalau rasa air putih itu tawar dan membuat mereka bosan. Sehingga mereka memilih untuk membuat jenis minuman lain seperti kopi, teh atau jus hingga mengonsumsi infused water.

Seperti dirangkum dari honestdocs, berikut ini adalah beberapa manfaat infused water yang perlu kalian ketahui.

Baca Juga: Ini Manfaat Konsumsi Minuman Herbal untuk Daya Tahan Tubuh Hadapi Musim Pancaroba

1. Memberikan asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh

Jika memasukkan potongan buah segar dalam air, maka nutrisi dari buah yang ada dalam air ini bisa membuatnya menjadi minuman yang kaya akan vitamin, mineral, fitonutrien, dan antioksidan.

Tentunya hal ini yang bisa menjadikan infused water lebih menyehatkan apabila dibandingkan dengan vitamin water, minuman berenergi, soda, ataupun air putih biasa.

2. Menjauhkan dari penyakit

Jenis buah apa yang dipakai maka hal ini bisa memberikan manfaat terhadap infused water seperti menjauhkan berbagai macam penyakit berbahaya seperti diabetes, demam, flu, jantung, hingga kanker.

Baca Juga: Tiga Manfaat Mengonsumsi Daging Kepiting Bagi Kesehatan

3. Mengurangi proses penuaan

Adanya kandungan antioksidan dalam air yang diberikan dalam potongan berry dan biji delima ini mampu menangkal radikal bebas dan penuaan dini bisa dicegah. Selain itu, produksi kolagen pun bisa meningkat sehingga tekstur kulit tetap kenyal dan halus.

4. Mempertahankan atau menurunkan berat badan

Selain lebih kaya akan nutrisi daripada air putih biasa, infused water juga memuat lebih sedikit kalori dan gula jika dibandingkan dengan soda. Kemudian, beberapa buah pun bisa membantu dalam mengurangi nafsu makan sehingga bisa mencegah makan yang berlebihan.

5. Membangkitkan energi

Adanya kadar vitamin, zat antioksidan dan elektrolit dalam infused water ini bisa membangkitkan energi.

Hal ini pun lantas membuatnya baik dikonsumsi bagi para atlet, olahragawan, penggemar fitness, dan mereka yang aktif saat menjalankan aktivitas. Kalian pun tidak akan mudah merasa pening saat sore hari dan bisa melakukan aktivitas padat setiap saat.

Demikianlah ulasan tentang beberapa manfaat infused water bagi kesehatan tubuh dan semoga bermanfaat.

Claudia