blank
Berkaitan dengan perayaan malam Old And New Year, diberlakukan MRLL penutupan ruas jalan dan pengalihan arus. Ini untuk membebaskan kawasan Alun-alun GKB Wonogiri dari lalu lalang kendaraan.(Dok.Dishub Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Rekayasa pengaturan dan pengalihan arus lalu lintas Kota Wonogiri, akan diberlakukan mulai Minggu petang (31/12) nanti Pukul 16.00. Ini dalam rangka perayaan malam Old And New Year yang akan digelar di Alun-alun Giri Krida Bakti (GKB).

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Wonogiri, Waluyo, menyatakan, rekayasa pengaturan dan pengalihan arus lalu lintas, pada prinsipnya sama seperti yang selama ini pernah dilakukan. Yakni ketika di Alun-alun GKB digelar konser atau ada event akbar yang melibatkan banyak massa.

Manajemen Rekayasa Lalu Lintas (MRLL), tandas Waluyo, dilakukan untuk membebaskan kawasan alun-alun dari lalu lalang kendaraan. ”Bersamaan itu, kami juga menurunkan sebanyak 45 personel Dishub untuk mengawal diberlakukannya MRLL tersebut, dan membantu pengamanan bersama aparat kepolisian,” tegasnya.

Sementara itu, dalam MRLL akan mengatur semua kendaraan dari arah Solo ke jurusan Ponorogo dan Pacitan (Jatim), diarahkan menempuh jalur lurus sejak simpang tiga Bangjo atau traffic light Klampisan.

Yakni menempuh Ruas Jalan Letjen Suprapto, Wonokarto, sampai ke penyeberangan rel KA ke kiri Jalan Gunung Giri, kemudian belok kanan ke Ruas Jalan Salak-5, tembus ke Kantor Pertanahan, belok kiri ke arah Jembatan Juranggempal Wonogiri.

Happy Asmara

Arus lalu lintas yang dari Jalan RM Said dan dari Wonokarto Wonogiri, dibelokkan ke kiri ke Ruas Jalan Gunung Giri. Simpang Tiga Bangjo (traffic light) Metro Kerdukepik ke selatan ditutup. Penutupan ruas jalan, juga dilakukan di Jalan Ir Sukarno, sejak Simpang Empat Bangjo Ponten depan Kantor Bank BPD ke arah timur.

Kendaraan dari timur (Ponorogo-Pacitan, Jatim) yang akan ke Solo, diarahkan belok kiri setelah barat Jembatan Juranggempal Wonogiri. Melewati Ruas Jalan Murti Pranoto, Kampung Kajen, Kedungringin, belok ke kanan menuju Simpang Empat Bangjo Gudangseng. Kemudian belok ke kanan, lewat Ruas Jalan Jendereal Sudirman yang menjadi jalan protokol Kota Wonogiri.

Seperti pernah diberitakan, Minggu malam nanti (31/12), di Alun-alun GKB depan Kantor Bupati Wonogiri, akan digelar konser musik untuk memeriahkan perayaan malam Old And New Year.

Artis kondang Happy Asmara, didatangkan untuk manggung di Alun-alun GKB, dalam menyambut malam pergantian Tahun 2023 ke Tahun 2024. Pada Pukul 00.00, akan digelar pesta kembang api, setelah sejak sore dipentaskan band yang menyajikan aneka lagu dan tembang.

Malam Tahun Baru, adalah petang hingga malam hari Tanggal 31 Desember, yang merupakan hari terakhir dalam tahun Kalender Gregorian. Di sejumlah kota besar di dunia, malam tahun baru dirayakan dengan pesta bersama di lapangan terbuka untuk menanti detik-detik pergantian tahun.
Bambang Pur