blank
Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Tengah, Sumarno usai mengikuti Kebumen Beach Marathon di Pantai Pandan Kuning, Petanahan, Kebumen, Sabtu, 30 Desember 2023. (Pemprov Jateng)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sumarno mendorong kepada pemerintah Kabupaten Kebumen untuk mengadakan event trail run di Gua Jatijajar, setelah sukses menggelar even Kebumen Beach Marathon.

“Tadi sudah komunikasi dengan Bupati dan Wakil Bupati Kebumen agar ada event trail run di Gua Jatijajar,” kata Sumarno usai mengikuti Kebumen Beach Marathon di Pantai Pandan Kuning, Petanahan, Kebumen, Sabtu, 30 Desember 2023.

Gagasan untuk mengadakan even trail run itu muncul setelah ia melihat kondisi kawasan Gua Jatijajar yang sepi dan kurang terawat.

Ia menyarankan, event trail run di Gua Jatijajar itu juga disuguhi rute lari masuk ke dalam gua. Rute itu akan memberikan daya tarik tersendiri dibandingkan even serupa di berbagai daerah.

“Saya menyarankan kalau ada event trail run masuk ke gua mungkin akan punya pengalaman tersendiri. Kalau benar nanti diadakan di Gua Jatijajar dan masuk gua, itu akan jadi satu-satunya,” kata Sumarno.

Dengan memberikan pengalaman baru itu, peserta kegiatan itu paling tidak akan mengunggah pengalamannya ke media sosial miliknya atau bercerita ke temannya, sehingga mampu memicu untuk berwisata ke lokasi tersebut.

Sumarno menyatakan, even Kebumen Beach Marathon yang baru saja digelar mampu mendatangkan 2.515 peserta. Oleh karenanya, potensi besarnya animo peserta juga memungkinkan bila dilaksanakan di di Gua Jatijajar.

“Ini harus kita kenalkan kepada masyarakat. Satu untuk edukasi, kedua untuk pariwisata. Kalau ada even itu pesertanya bisa ribuan. Tentu dengan branding lebih bagus peserta akan lebih banyak lagi,” ucapnya.

Sumarno menegaskan, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah akan mendukung jika even itu benar-benar diselenggarakan. Ia akan meminta Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jateng untuk berkoordinasi lebih masif dengan Pemkab Kebumen.

“Soal ide Gua Jatijajar tadi mungkin bisa dikolaborasikan dengan Pemprov Jateng untuk mengadakan itu. Sebenarnya program ini lebih baik kalau dipaketkan (dengan even lain). Jadi ada series dan akan menarik. Mungkin ke depan akan seperti itu,” kata dia.

Diaz Aza