JEPARA (SUARABARU.ID) – Tahun 2023 akan segera kita tinggalkan dan sesaat lagi kita menapaki tahun 2024 dengan harapan Jepara dapat lebih maju dan berkembang yang muaranya tidak lain adalah peningkatan kesejahteraan masyarakat yang semakin meningkat. Karena itu, guyub rukun dan sengkut makarya yang dilandasi keikhlasan untuk nyengkuyung pembangunan daerah harus menjadi sikap batin kita bersama.

Harapan tersebut diungkapkan Pj. Bupati Jepara H. Edy Supriyanta dalam wawancara khusus dengan suarabaru.id Minggu 31 Desember 2023 sore. “Tentu seluruh capaian keberhasilan pada tahun 2023 harus menjadi motivasi bagi seluruh warga Jepara untuk terus memberikan sumbangan bagi kemajuan kotanya,” tambahnya

Sementara sejumlah pekerjaan rumah yang masih tersisa harus dengan sepenuh hati dan kesungguhan untuk kita selesaikan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Menurut Edy Supriyanta ada sejumlah tugas besar yang harus kita lakukan bersama disepanjang tahun 2024 salah satunya adalah mensukseskan pemilu serentak pada bulan Februari 2024 dan November 2024.

Pj Bupati bersama Forkopimda ikuti Vicon dengan Kapolri malam ini

“Sikap guyub rukun yang telah mengakar kuat ditengah-tengah masyarakat Jepara menurut Edy akan menjadi modal besar dalam perhelatan demokrasi ini.

Dalam pesta demokrasi yang akan akan digelar tanggal 12 Februari 2024 dengan pemilihan presiden-wakil presiden serta pemilu legislatif menurut Edy Supriyanta tentu akan ada dinamika demokrasi berupa perbedaan pilihan. Juga pada pemilihan Bupati dan Gubernur bersama wakilnya pada November 2024.

“Ini sesuatu yang wajar karena esensi demokrasi adalah perbedaan. Oleh sebab itu, perbedaan pilihan dalam pilpres, pileg, pilgub, maupun pilbup hendaknya disikapi dengan wajar dan tidak berlebihan. “Apalagi kemudian memunculkan konflik ditengah- tengah masyarakat yang tentu sangat tidak kita harapkan. Sebab konflik itu justru merusak esensi demokrasi serta mengganggu persatuan dan kesatuan bangsa,” terangnya.

Sementara sengkut makarya yang maknanya adalah kerja keras dan sungguh-sungguh akan menjadi motivasi yang bernilai bagi suksesnya peran serta seluruh masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraannya.

“Tentu pemerintah Kabupaten Jepara akan menjadikan program-program yang tersusun dalam APBD sebagai salah satu lokomotif utama, disamping juga dunia usaha serta stabilitas dan kondusifitas daerah, ” ujar Edy Supriyanta. Karena itu disamping kerja keras seluruh aparatur pemerintah di daerah untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya dengan sebaik-baiknya, masyarakat juga harus berpartisipasi secara aktif dalam pembangunan daerah, termasuk dalam pengawasan.

Edy Supriyanta juga menjelaskan, dunia usaha dan ivestasi di Jepara yang telah berkembang terus kita tingkatkan dan pacu agar dapat membuka lapangan kerja bagi putra – putri daerah. “Ini sangat diperlukan untuk menekan angka pengangguran kita,” tambahnya.

Disamping itu sektor pertanian, perkebunan, perikanan, industri harus terus kita tingkatkan agar anak-anak muda memiliki semangat untuk terlibat didalamnya dan bukan hanya ingin masuk pada dunia manufaktur. “Karena itu inovasi dan terobosan sangat diperlukan agar anak-anak muda kita kembali melirik sektor – sektor unggulan Jepara,” ujar Edy

Sehubungan dengan hal ini dunia pendidikan di Jepara harus benar-benar mampu menjawab kebutuhan dunia kerja yang bukan saja harus memiliki ketrampilan yang di perlukan , tetapi juga etos kerja dan kararter agar generasi muda kita menjadi semakin produktif dan memiliki daya saing kuat dan bersedia ambil bagian dalam pengembangan potensi daerahnya,” pintanya.

Jepara Incorporated menurut Edy Supriyanta juga harus selalu selalu kita jaga dan rawat agar dengan spirit persatuan Jepara kita dapat mengubah potensi yang ada menjadi kekuatan riil perekonomian daerah dan kesejahteraan warga.

”Kita memiliki potensi besar di darat, pegunungan dan bahkan lautan. Jepara juga memiliki kekuatan kultural yang dahsyat seperti yang nampak pada sejarah perjalanan Jepara, Juga pariwisata,” ujar Edy

“Kita memiliki tiga pahlawan nasional yaitu Ratu Kalinyamat, RA Kartini dan dr Tjipto Mangunkusumo yang memiliki peran besar dalam sejarah perjalanan bangsa Indonesia. Tidak banyak kota di Indonesia yang memiliki pahlawan nasional demikian banyak. Ini bisa menjadi motivasi yang bernilai bagi warga masyarakat untuk turut serta mengembangkan daerahnya,” ungkap Edy Supriyanta. Karena itu kita harus terus menghidupkan gagasan dan spiritnya untuk membangun daerah. Bukan hanya mengenang sosoknya, tambahnya.

Karena itu Edy Supriyanta mengajak seluruh aparatur pemerintah di daerah, Forum Pimpinan Daerah serta seluruh elemen masyarakat, tokoh masyarakat, tokoh agama, organisasai masyarakat untuk bergandeng tangan untuk menjaga dan meraih masa depan bersama.

“Kuncinya adalah pada keikhlasan dan spirit bersama untuk memberikan sumbangan terbaik bagi kemajuan daerah sesuai dengan talenta yang kita miliki. Tujuannya tiada lain adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” pungkas Edy Supriyanta

Hadepe