blank
Kapolres Kebumen AKBP A Recky Robertho bersama para pejabat utama pada konferensi pers, Sabtu 30/12/(Foto:SB/Komper Wardopo)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Kapolres Kebumen AKBP Albertus Recky Robertho yang mulai bertugas di Kebumen sejak 19 Desember 2024 mengajak media membangun interaksi positif bukan hanya secara personal, namun hubungan emosional  atau dari hati ke hati.

“Mari kita bangun hubungan dari hari ke hati, bukan hanya kedinasan yang formal. Saya juga mohon dukungan agar sukses bertugas menjaga Kamtibmas di Kebumen,”ujar AKBP Recky kepada awak media di sebuah rumah makan, Sabtu (30/12) petang.

Menurut Kapolres, jumlah personel Polres Kebumen saat ini sekitar 800.000.Guna mewujudkan Kamtibmas, maka segenap personel harus mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Untuk itu dia membutuhkan masukan, saran hingga kritik  demi kebaikan kinerja dan pelayanan kepolisian. Bahkan dirinya akan menerima masukan dengaa terbuka.Sebab  masukan dari eksternal kadang lebih berguna, lebih cepat dan penting untuk ditindaklanjuti.

Dalam Konferensi Pers Akhir Tahun 2023, Kapolres didampingi Kabagops Kompol Setiyoko beserta para pejabat utama Polres, kabag dan kasat, hadir lengkap. Termasuk Ketua PWI Kebumen Supriyanto.

Kapolres mengaku dirinya semula menjabat sebagai Kapolres Pekalongan selama sekitar 7 bulan. Sebelumnya, pria lulusan Akpol 2002 itu memperoleh penugasan di Kaltim.

Harus Transparan dan Terbuka.

Pernah berpindah tugas di Polda DIY dan kemudian pindah tugas lagi ke Kaltim, karena ikut istri yang kebetulan berprofesi sebagai hakim. Pada 2016 dia mengikuti S2 Kajian Ilmu Kepolisian di UI, lulus 2018.

Kariernya di kepolisian pun makin lancar dengan mengikuti Sespim dan selanjutnya penempatan  di Polda Jateng. Di antaranya selama 3,4 tahun menjadi Kabagops Polrestabes Semarang dan selama itu pula akrab dengan awak media.

”Bahkan di grup WA Polrestabes Semarang saya sampai sekarang masih ikut, namun di luar kedinasan, semacam grup hubungan kekeluargaan saja,”ungkap AKBP Recky.

Terkait tugas di Kebumen, Kapolres menilai daerah tersebut memiliki wilayah luas. Dengan 26 Polsek, berpenduduk sekitar 1,4 juta jiwa. Dia pun memohon dukungan semua pihak, utamanya para wartawan di Kebumen.

Dia menegaskan, nomor hp-nya siap dihubungi untuk menjalin komunikasi dan untuk konfirmasi pemberitaan. Baginya Kapolres merupakan pejabat publik yang harus melayani dengan transparan dan terbuka.

Bahkan masukan dari masyarakat penting sebagai umpan balik dan kontrol ke dalam. Informasi dari media media penting, karena  kadang wartawan memperoleh informasi atau kejadian lebih dahulu dibanding dari Polsek.

Terkait tahun politik Pemilu 2024, Kapolres menjamin Polri bersama TNI akan tegak lurus menjaga netralitas. Bahkan dia telah meminta seluruh personel Polres Kebumen benar-benar netral dalam memberikan pelayanan agar situasi Kamtibmas tetap kondusif dan Pemilu berjalan aman damai.

Komper Wardopo