malam tahun baru
Kapolres Magelang Kota, AKBP Herlina didampingi Wakapolres Magelang Kota, Kompol Budiyuwono Fajar Wisnugroho saat memberikan keterangan kepada wartawan. Foto: W. Cahyono

MAGELANG ( SUARABARU.ID)-Sebanyak 455 personel gabungan siap mengamankan perayaan  malam Tahun Baru 2024 yang dipusatkan di Alun-alun Kota Magelang, pada Minggu ( 31/12/2023) malam. Pada malam pergantian tahun tersebut, Pemkot Magelang akan menggelar pesta kembang api dan Magelang Vaganza.

“Selain 350 personel Polri, kami juga didukung kekuatan lainnya seperti dari Kodim 0705/Magelang sebanyak 30 personel, Batalyon Armed 3/Nagapaca sebanyak 30 personel. Selain itu, juga dibantu dari Dinas Perhubungan Kota Magelang, Satpol PP dan Senkom Polri masing-masing 15 orang,”kata Kapolres Magelang Kota, AKBP Herlina, Sabtu ( 29/12/2023).

Herlina mengatakan,  sejumlah  ruas jalan yang ada di sekitar kawasan Alun-alun Kota Magelang akan ditutup untuk semua jenis kendaraan bermotor. Karena, kawasan pusat jantung Kota Magelang akan menjadi pusat keramaian  tersebut,

Menurutnya,  penutupan arus lalu-lintas di sekitar Alun-alun Kota  Magelang, yakni Jalan A Yani dari simpang empat CPM hingga simpang tiga Apotek Sumbing Jalan Pemuda ( Pecinan) akan diberlakukan Minggu ( 31/12) mulai pukul 14. 00 WIB.

Kepala Bagian Operasi Polres Magelang Kota, AKP Rinto Sutopo menjelaskan, , dengan adanya penutupan ruas jalan di sekitar kawasan Alun-alun tersebut, Polres Magelang Kota akan melakukan rekayasa lalu-lintas.

Yakni, arus kendaraan yang datang dari arah  Semarang  dan hendak menuju Yogyakarta atau Purworejo yang melewati alun-alun, sesampainya di simpang empat CPM akan diarahkan melalui Jalan Majapahit  dan sesampainya di Jalan Sriwijaya belok ke  kanan menuju Jalan Pemuda.
“Sedangkan untuk arus kendaraan yang datang dari arah Yogyakarta dan Purworejo,masih bisa melewati Jalan Tentara Pelajar dan menuju Jalan  Yos Sudarso. Dan , di sekitar Alun-alun baik Alun-alun Selatan dan Alun-alun Utara tidak ada  kendaraan yang parker,”katanya.

Selain pesta kembang api, perayaan malam pergantian tahun di Alun-alun Kota Magelang juga akan dimeriahkan dengan acara Magelang Vaganza yang berlangsung pada 1 Januari 2024.

Sementara itu, Dinas Perhubungan Kota Magelang juga telah menyiapkan delapan kantong parker yang ada di kawasan Alun-alun Kota  Magelang.

Kepala Dinas Perhubungan  Kota Magelang, Chandra Wijatmiko Adi mengatakan, ke delapan kantong parkir yang disiapkan tersebut yakni,  halaman Kantor Balai Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Magelang, halaman Gereja Ignatius, halaman SD Pendowo,  halaman SMK Kristen 1 Kota Magelang.

“Selain itu, kami juga merekomendasikan tempat parkir di Kantor Pos Cabang Magelang, halaman Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Magelang dan halaman Gereja Beth-El. W. Cahyono