blank
Wakil Presiden (Wapres) RI didampingi PJ Gubernur Jateng Nana Sudjana cek harga cabai dan komoditas lainnya di Pasar Johar Kota Semarang, Kamis 28 Desember 2023. (Pemprov Jateng)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana mendampingi Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin memantau harga bahan pokok di Pasar Johar Selatan, Kota Semarang, Kamis, 28 Desember 2023.

Rombongan Wapres didampingi Pj Gubernur Jateng dan Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu, tiba di Pasar Johar sekira pukul 10.15 WIB. Pada di pasar tradisional itu, Ma’ruf Amin meninjau harga bahan pokok seperti cabai, bawang putih, bawang merah, kentang, dan lainnya.

Wapres dan Pj Gubernur Jateng juga sempat berdialog dengan sejumlah pedagang di pasar. Dari dialog tersebut diketahui bahwa sejumlah harga bahan pokok mengalami kenaikan harga.

Meskipun demikian, sejumlah pedagang bercerita bahwa untuk pasokan barang selalu cukup dan terpenuhi.

blank
Wakil Presiden (Wapres) RI, Ma’ruf Amin, melakukan pantauan harga sembako dan kebutuhan pokok di Pasar Johar Semarang, bersama Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana dan Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu, Kamis (28/12/2023) . Foto: foto hp

Nana Sudjana mengatakan, walaupun harga sembako sempat naik, namun dalam satu bulan terakhir harga-harga beberapa bahan pokok sudah mulai turun. Sejumlah komoditas yang harganya mulai turun misalnya cabai dan gula.

“Cabai sempat di angka Rp90 ribu, tadi sudah di angka Rp69 ribu. Untuk harga beras sudah Rp13 ribu per kilogram, itu yang medium. Untuk (beras) yang premium masih sekitar Rp 14 ribu,” beber Nana.

Menurut dia, penurunan harga beberapa komoditas tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor. Mulai dari beberapa program yang digulirkan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah, seperti operasi pasar, gerakan pasar murah, hingga bantuan sosial.

“Insyaallah, setelah Nataru selesai, kami yakin harga akan kembali normal. Sampai saat ini kami pun sudah mulai mengikuti panen cabai,” kata dia.

Dijelaskan Nana, sejumlah komoditas pangan yang mengalami kenaikkan harga disebabkan oleh pengaruh iklim, kekeringan, dan fenomena el-nino. Dampak kekeringan mengakibatkan  produksi komoditas berkurang.

Meskipun demikian, lanjut dia, persediaan pangan di Jawa Tengah dipastikan masih aman.

Sementara itu, Wapres Ma’ruf Amin mengatakan, kenaikan harga komoditas yang ditemukan di Pasar Johar Semarang bukan karena kekurangan pasokan, namun karena pengaruh Nataru yang memang sudah menjadi kebiasaan.

“Saya tanya pedagang, memang kalau Nataru naik sedikit terus turun. Bahkan tadi (harga) cabai turun dari sebelumnya Rp90 ribuan menjadi sekitar Rp68 ribu. Di sini memang semua komoditas sayuran, cabai, dan beras tercukupi. Tidak ada maslah soal pasokan,” kata dia.

Diaz Aza/Hery Priyono