blank
Bupati menyerahkan tali asih kepada atlet, hari ini. Foto: eko

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID) – Sesuai janjinya, Bupati Zaenal Arifin menyerahkan bonus uang atau tali asih bagi atlet berprestasi pada ajang Porprov Jateng di Pati Raya, pada 5-11 Agustus lalu. Itu dilakukan pada acara peresmian paket strategis dan penyerahan tali asih kepada atlet dan pelatih berprestasi Kabupaten Magelang tahun 2023 di pendapa destinasi wisata Kalibening, Jalan Payaman-Windusari, Payaman, Secang, Magelang, hari ini (Rabu 27/12/23).

Bupati mengatakan, ada 12 pembanguan strategis tahun ini yang sudah dapat diselesaikan. Tahun ini juga ada 537 paket pembangunan fisik yang diampu 28 organisasi perangkat daerah. Pembiayaannya berasal dari APBD, DAK, bantuan keuangan provinsi, maupun dari sumber dana yang lain.

“Itu semua untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Terkait hal itu dia berterima kasih kepada Sekda dan jajarannya yang telah menyelesaikan tugas yang menjadi amanah dari RPJMD, sehingga hari ini bisa melakukan peresmian.

Dia juga berterima kasih kepada atlet yang telah berprestasi, baik tingkat provinsi maupun nasional. “Alhamdulillah pemerintah sudah bisa memberikan tali asih. Semoga bisa bermanfaat dan bisa digunakan untuk menyukseskan masa depan para atlet. “Anak muda sebagai harapan bangsa yang akan memimpin masa depan Indonesia teruslah giat berlatih di bidang olahraga. Karena pada prinsipnya negara membutuhkan kehadiran sang juara sesuai tugas dan fungsinya masing-masing,” katanya.

Ditambahkan, khususnya pada bidang olahraga, semua bisa berprestasi ke tingkat yang lebih tinggi. Bahkan dia berharap sampai tingkat internasional.

Berterima Kasih

Dia berterima kasih kepada pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) yang memberikan bimbingan dan arahannya, sehingga bisa mendapatkan prestasi yang membanggakan.

blank
Bupati Zaenal Arifin menandatangani prasasti proyek, hari ini. Foto: eko

Sementara itu Wakil Ketua KONI, H Suwarsa, menambahkan, tali asih diharapkan sebagai bentuk apresiasi kepada atlet dan pelatih yang berprestasi di Porprov 2023. Itu sebagai motivasi agar atlet dan pelatih tambah semangat dalam meningkatkan kemampuannya. Hingga dapat berprestasi di tingkat nasional maupun dunia.

Disebutkan, hasil Porprov lalu Kontingen Kabupaten Magelang memperoleh 13 medali emas,
20 perak dan 25 perunggu. Peraih medali emas mendapat tali asih sebesar Rp 50 juta/ orang. Bagi cabang beregu jumlahnya lebih besar, disesuaikan dengan pemainnya.

Atlet peraih medali perak mendapat Rp 15 juta/orang. Bagi cabang beregu sebanyak lima orang mendapat Rp 20 juta, yang beregu enam orang Rp 24 juta, beregu tujuh orang Rp 28 juta, beregu delapan orang bonusnya sebesar Rp 32 juta, sedangkan pelatih yang Cabornya memperoleh perak mendapat bonus Rp 2,5 juta/orang.

Atlet peraih medali perunggu mendapat bonus Rp 6 juta/orang. Bagi yang beregu tiga orang mendapat Rp 6 juta, beregu lima orang Rp 10 juta, enam orang Rp 12 juta, delapan orang mendapat bonus Rp 16 juta, sedangkan pelatihnya mendapat Rp 1,5 juta.

Dalam hal ini Cabor Persatuan Gateball Seluruh Indonesia
(Pergatsi) mendapat dua emas, Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) dua emas, Muaythai satu emas, Kickboxing satu emas, Persatuan Menembak Indonesia (Perbakin) satu emas, Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) satu emas, Federasi Arung Jeram Indonesia (Faji) lima emas.

“Total tali asih yang diberikan sebesar Rp 1,5 miliar,” jelasnya.

Eko Priyono