blank
 Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jateng Riena Retnaningrum didampingi perwakilan perusahaaan teknologi satunya Fujian Newland Communication Science Technology Co., Ltd melihat simulasi pengembangan teknologi terbaru isi daya mobil listrik sembari berjalan di di jalan tol, di Fuzhou, Fujian, Tiongkok, Selasa 12 Desember 2023. FOTO: Diaz Azminatul Abidin
    1. blankkokPengantar:Dinas Kominfo Provinsi Jawa Tengah mengajak wartawan pemenang lomba penulisan tahun 2023 untuk mengikuti sort course ke Fuzhou, Fujian, Tiongkok. Diaz Azminatul Abidin wartawan suarabaru.id tercatat sebagai salah satu pemenang dan mendapat kesempatan melakukan perjalanan jurnalistik ke Tiongkok tersebut. Inilah laporannya.

DINAS Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) mengintip kemajuan digital di raksasa teknologi Tiongkok salah satunya Fujian Newland Communication Science Technology Co., Ltd.

Salah satu yang sedang dikembangkan oleh Newland yakni teknologi untuk bisa isi daya mobil listrik sembari berjalan di salah satu lajur di jalan tol.

Gambaran saat ini di Tiongkok teknologi sudah sangat maju, misalnya sudah tak menggunakan uang elektronik atau e-money. Melainkan sudah menggunakan teknologi chip yang dipasang di kendaraan, di mana jarak beberapa meter dari gerbang tol maka palang pintu akan otomatis terbuka dengan cepat.

“Di masa depan ada jalur hijau, di mana mobil berjalan bisa sambil charging,” sebut salah satu perwakilan perusahaan yang menemani delegasi Pemprov Jateng yang dipimpin Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jateng Riena Retnaningrum, bersama awak media asal Jateng, Selasa 12 Desember 2023.

Teknologi itu masih terus dikembangkan oleh Newland salah satu raksasa teknologi di Tiongkok yang berdiri di Kota Fuzhou, Provinsi Fujian. Simulasi pengembangan teknologi iti ditunjukkan langsung simulasinya kepada delegasi 23 orang dari Pemprov Jawa Tengah termasuk di antaranya 12 wartawan dari berbagai media di Jawa Tengah, Selasa 12 Desember 2023.

Teknologi-teknologi paling terkini ditunjukkan langsung satu-persatu oleh perwakilan perusahaan kepada delegasi Pemprov Jateng awak media, di mana dibantu Monalisa seorang penerjemah atau interpreter asal Indonesia yang sedang studi S3 di Fuzhou.

blank

Perwakilan perusahaan menunjukkan sejarah teknologi-teknologi yang dikembangkan seperti mesin Electronic Data Capture (EDC) tua yang dibuat pada tahun 1994.

Adapula pengembangan teknologi wifi yang bisa terhubung dengan jarak 5-10 Km, kemudian perangkat utama TV digital yang dibeli segala merek televisi seperti Sharp dan lain-lain.

Tonton di Youtube:

https://youtu.be/Qer8Y5VygYY?si=Jne2i5WYjdc2PzME

Newland Technology merupakan salah satu dari 500 perusahaan terbaik di Tiongkok saat ini, di mana Presiden Xi Jinping pernah mengunjungi perusahaan tersebut.

Kepala Diskominfo Jawa Tengah Riena Retnaningrum mengatakan, kunjungan tersebut membuka lebar-lebar pandangan tentang teknologi yang terbaru dikembangkan di Tiongkok hari ini.

“Dari apa yang sudah kita berkeliling kita harus mentrasformasi diri. Kita Harus melek digitalisasi. Misalnya bagaimana kita masuk obyek pariwisata dengan cara digital, membayar dengan cara digital.  kita telah melihat apa yang telah dilakukan oleh provinsi kembar Jawa Tengah yakni Fujian hari ini,” katanya.

Lebih jauh kunjungan itu juga bermaksud untuk bertukar pengetahuan atau knowledge di bidang teknologi antara Provinsi Fujian Tiongkok, dan Provinsi Jawa Tengah sebagai sister province atau provinsi kembar.

“Bertukar knowledge jadi harapan kita. Karena produk mereka belum masuk ke Indonesia. Nah kita harapkan bertukar knowledge, di mana produk-produk digital bisa diterapkan di perusahaan-perusahaan yang ada di Indonesia,” kata Riena Retnaningrum.

Sementara itu, Sekretaris Perusahaan yang dipanggil Sani mengatakan sangat senang dapat menerima kunjungan dari delegai Pemprov Jateng bersama wartawan ke perusahaan.

“Pintu kami selalu terbuka lebar. Kami akan sangat senang bila rekan-rekan membawa teman-teman bisa datang mengunjungi kami di lain waktu,” kata dia.

Lebih jauh Kepala Diskominfo Jateng, Riena Retnaningrum kunjungan itu merupakan undangan dari Pemerintah Provinsi Fujian. Di mana Jawa Tengah dan Fujian sudah 20 tahun kerja sama sebagai provinsi kembar yang punya nilai historis terutama jalur sutra di era lampau.

“Dulu (20 tahun lalu) MOU ditandatangani di Semarang dan perpanjangannya di Fujian. Perusahaan Newland sudah pernah dikunjungi gubernur-gubernur di Jawa Tengah,” kata dia.

blank
Lebih jauh Kepala Diskominfo Jateng, Riena Retnaningrum memberikan cenderamat berupa kain motif batik kepada perwakilan perusahaan. (Diaz Azminatul Abidin)

Dalam kunjungan itu, Pemprov Jateng yang terdiri dari 13 orang dan 12 wartawan di mana ada Kepala Diskominfo Riena Retnaningrum, dan Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata, Agung Hariyadi serta 12 wartawan dari berbagai media melakukan kunjungan ke Provinsi Fujian 11-16 Desember 2023.

Kunjungan pada hari pertama di Kota Fuzhou Ibu Kota Fujian di awali di Fujian Newland Communication Science Technology Co., Ltd, dan berlanjut di beberapa tempat lain.

Kunjungan yang berlanjut ke beberapa tempat lain yang punya nilai historis, di dua kota lainnya yakni Quanzhou, dan Xiamen yang didampingi oleh Kantor Urusan Luar Negeri Provinsi Fujian, serta dijamu dengan hangat oleh pejabat kota setempat. ***