blank
Muhammad Rizki. Foto: Dok/UKSW

SALATIGA (SUARABARU.ID) – Mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) sumbangkan dua medali untuk kontingen Jawa Tengah pada ajang Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNas) XVII 2023, di Kalimantan Selatan, belum lama ini.

Kedua medali ini datang dari Muhammad Rizki mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB).

Pada ajang tingkat nasional tersebut ia berhasil menyabet Gold Medal pada Kumite Beregu Senior Putra cabang olahraga (cabor) Karate dan Silver Medal pada Kumite Senior kelas 60 kg Individu Putra cabor Karate.

Pemilik hobi bermain sepak bola ini mengungkapkan rasa bahagianya karena berhasil membawa pulang Gold Medal dan Silver Medal untuk Jawa Tengah dan kampus UKSW.

“Tentu saja sangat senang meskipun di nomor perorangan saya belum berhasil mempertahankan gold medal. Namun itu terbayarkan berkat kekompakan kami di Kumite Beregu, karena berhasil mengalahkan daerah unggulan seperti Sulawesi Selatan, DKI Jakarta, dan Jawa Timur,” ungkapnya, Rabu (20/12/2023).

Raihan prestasi

Mahasiswa yang menekuni olahraga karate sejak usia 5 tahun ini menceritakan bahwa dirinya melakukan persiapan selama satu bulan untuk mengikuti kompetisi tersebut. “Persiapan yang saya lakukan adalah tekun berlatih setiap hari pada pagi dan sore,” ujarnya.

Tak heran berbagai prestasi tingkat nasional dan internasional terus diukirnya. Sejumlah prestasi tersebut antara lain juara 2 pada Kumite -60 kg Putra International Summer Cup Karate tahun 2022, juara 1 pada Kumite -60 kg Putra dan juara 2 pada Kumite Beregu Putra di POMNas XVI tahun 2022, dan juara 1 pada Kumite -60 kg Putra Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (Forki) tahun 2021.

Saat disinggung mengenai target ke depan, Muhammad Rizki mengatakan, bahwa dirinya ingin meningkatkan prestasi pada olahraga Karate di kancah internasional.

Tak hanya itu, mahasiswa asal Salatiga ini juga membeberkan prinsip yang selalu ia pegang dalam menghadapi setiap pertandingan, yaitu berusaha mempertahankan prestasi yang telah diraih sebelumnya, Maka setiap pertandingan harus dilewati dengan maksimal.

Ning S