blank
Bupati Pacitan Indrata Nur Bayu Aji (keempat dari kiri) foto bersama dengan para pemenang lomba inovasi Tahun 2023, bersamaan dengan acara malam penganugerahan PIA di pendapa kabupaten.(Dok.Prokopim Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Inovasi, harus mengedepankan tiga hal. Yakni harus berdampak bagi masyarakat, murah dan mudah direplikasi banyak pihak, serta memberi rasa nyaman bagi yang melakukan.

Tiga hal tersebut, dipesankan Bupati Pacitan Indrata Nur Bayu Aji, saat memberikan sambutan pada acara malam penganugerahan Pacitan Innovation Award (PIA) Tahun 2023, sebagai ajang mencari inovasi baru.

Bagian Prokopim Pemkab Pacitan, mengabarkan, acara tersebut digelar oleh Pemkab Pacitan melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) setempat. Berlangsung Selasa malam (19/12) di Pendapa Kabupaten Pacitan.

Event penganugerahan lomba inovasi daerah tersebut, bertujuan untuk mencari inovasi baru dari masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD), masyarakat, serta organisasi lain. Ini dilakukan, dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji yang hadir menyaksikan malam Anugerah PIA 2023 tersebut, menyatakan sangat apresiatif dengan kegiatan tersebut. Bahkan menurut Bupati, program ini sendiri sudah sangat inovatif.

Ditingkatkan

Terkait dengan produk inovasi, Mas Aji (panggilan akrab Bupati Pacitan), memberikan pesan bahwa inovasi harus berdampak bagi masyarakat, murah dan mudah direplikasi banyak pihak serta memberi rasa nyaman bagi yang melakukan. ”Kegiatan ini, sangat bagus dan diharapkan ke depan lebih ditingkatkan lagi,” tandasnya.

Kepala Bappedalitbang Kabupaten Pacitan, Heru Sukresno, menyatakan, PIA 2023 ini selain sebagai ajang mencari inovasi baru, juga dalam rangka meningkatkan indeks inovasi Kabupaten Pacitan yang saat ini baru mencapai 46 persen.

Disebutkan, dimulai sejak Bulan September, lomba inovasi daerah ini diikuti 146 peserta, yang terbagi dalam 3 kategori. Yakni Kategori OPD atau dinas instansi, Kategori lembaga/unit, serta Kategori masyarakat.

”Kegiatan ini, sekaligus juga sebagai persiapan untuk ajang yang sama di tingkat provinsi maupun tingkat nasional,” ujar Heru Sukresno.

Hasil kejuaraan anugerah Pacitan Innovation Award (PIA) 2023 kategori OPD, juara 1 diraih Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Juara berikutnya secara berurutan adalah Dinas Sosial, RSUD dr. Darsono, Kecamatan Donorojo dan Dinas Perikanan.

Kategori lembaga/unit, peringkat 1 diraih SD Alam Pacitan, kemudian diikuti juara berikutnya adalah Puskesmas Ngadirojo, Kelurahan Ploso, SDN Pacitan dan SMPN 1 Donorojo.

Sedangkan juara untuk kategori masyarakat, urutan pertama diraih Dimy Mullyana, kemudian berikut diikuti oleh Gusti Ayu Ngurah Megawati, Muhammad Rofiqin, Haryono Hadiwinoto dan Sinta Dewi Artika.
Bambang Pur