Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Kebumen Sukarno.(Foto:SB/Humas Kemenag Kbm)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Berbagai  kegiatan menyemarakkan peringatan Hari Amal Bakti Ke-78 Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kebumen.

Puncak Hari Amal Bakti Kemenag itu akan diperingati pada 3 Januari 2024 mendatang dengan Apel jajaran ASN Kemenag.

Namun sejak dua hari lalu jajaran Kantor Kemenag Kebumen  telah menggelar berbagai  kegiatan. Di antaranya, lomba menyanyi folksong di Aula Kemenag, lomba paduan suara Dharma Wanita Kemenag.

Pada Rabu (20/12) Kantor Kemenag Kebumen juga menyelenggarakan kegiatan olah raga bersama yang dipusatkan di Aula MAN 1 Kebumen di Jalan Cincin Kota. Kepala Kantor Kemenag Kebumen  Drs H Sukarno MM ikut terjun langsung olah raga bersama bermain bulutangkis melawan PWI Kebumen.

Agenda Hari Amal Bakti Ke-78 Kemenag Kebumen.(Foto:SB/Humas Kemenag Kbm)

Usai olah raga, Kepala Kantor Kemenag Kebumen Sukarno menjelaskan, rangkaian kegiatan Hari Amal Bakti Kemenag di Kebumen itu memang cukup panjang, sekaligus melibatkan unsur masyarakat serta media.

Bahkan pada Jumat lusa akan menggelar senam bersama dan akan dilanjutkan rangkaian peringatan Hari Amal Bakti Ke-78 Kemenag, mulai 27/12. Di antaranya ziaroh, malam syukuran dan tirakatan.

Menurut Sukarno, tema Hari Amal Bakti Kemenag Ke-78 adalah Indonesia Hebat Bersama Umat. Kegiatan lain di masih ada bersih-bersih tempat ibadah, Khotmil Quran, Doa Bersama Lintas Agama dan Pembacaan Puisi untuk Palestina, donor darah, santunan, sujud syukur, serta mengikuti pengarahah Menteri Agama RI.

Menjaga Keharmonisan dan Kerukunan

Menyinggung tahun politik 2024, Sukarno menyatakan, jajaran Kemenag di tahun politik masyarakat diharapkan mampu membawa keharmonisan dan kerukunan. Justru peran Kemenag berperan menyejukkan situasi di masyarakat pasca atau saat pemilu dan harus bisa memecahkan persoalan dan perselisihan yang mungkin timbul.

Sedangkan persiapan perayaan Natal, Sukarno menyatakan, Kemenag Rabu (20/12) siang akan rapat bersama Pemkab di ruang  Asisten I. Bahkan pihaknya bersama Bupati Kebumen juga akan memantau semua gereja, berikut mendata jumlah jamaah dan mengantisipasi keamanan agar perayaan dan peribadatan berjalan aman kondusif.

“Ya seluruh gereja dimonitor, kita juga akan berbagi tugas dengan Bapak Bupati dan Forkompimda ke mana, Kemenag di mana. Yang jelas kita akan pantau semua gereja agar Natal ini aman damai,”tandas Sukarno.

Kepala Kemenag Kebumen itu juga mengimbau agar perayaan Natal tahun ini fokus pada misi ibadah dan menjaga perdamaian, serta jangan sampai dimasuki hal-hal yang menjurus politik.

Menurut Sukarno, Kemenag merupakan instansi Pemerintah yang melayani enam agama yang resmi diakui Pemerintah, ditambah aliran kepercayaan. Kemenag dengan Moderasi Beragama memberikan pelayanan kepada semua agama hingga penganut kepercayaan agar penuh toleran dan rukun damai.

Komper Wardopo