blank
Kiromal Katibin (kanan) dan Atifa Fismawati, dinobatkan sebagai Atlet Terbaik Putra-Putri 2023, oleh Seksi Wartawan Olahraga (Siwo) PWI Jateng. Foto: riyan

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Dua atlet andalan Jawa Tengah, Kiromal Katibin (Panjat Tebing) dan Atifa Fismawati (Silat), dinobatkan sebagai Atlet Terbaik Putra-Putri 2023, oleh Seksi Wartawan Olahraga (Siwo) PWI Jateng.

Penyerahan penghargaan kepada insan olahraga terbaik itu, diserahkan pada Malam Resepsi Anugerah Olahraga 2023, di Ballroom Astina, Gedung UTC, Jalan Kelud Raya, Semarang, Rabu (13/12/2023) malam.

Hadir dalam acara ini, Asisten Administrasi Sekda Jateng, Muhammad Arif Sambodo, perwakilan pengprov, badan fungsional, KONI kabupaten/kota di Jateng, dan pengurus harian PWI Jateng.

BACA JUGA: Tim PkM FT USM Mengidentifikasi Kelayakan Gedung Balai Kelurahan Tlogosari Wetan

Seperti disampaikan Ketua Siwo PWI Jateng, Erwin Ardian, penghargaan ini sebagai tradisi dari wartawan olahraga untuk memberikan kontribusi guna kemajuan pembinaan olahraga di Jateng.

”Setelah sekian lama kegiatan seperti ini vakum, kami bangkitkan lagi sebagai upaya mendorong para atlet Jateng, untuk lebih berprestasi lagi. Apalagi PON XXI 2024 di Aceh dan Sumut, sudah diambang pintu,” kata Erwin, sambil menyampaikan apresiasinya kepada KONI Jateng, dan semua pihak yang mendukung acara ini.

Menurut dia, apresiasi Anugerah Olahraga ini, tidak hanya untuk para atlet, namun juga pelatih, pembina, tokoh olahraga, pengprov, pengkot, KONI kabupaten/kota, instansi, dan lifetime achievement. Yang membuat kegiatan tahun ini lebih komplet, karena juga diberikan penghargaan kepada atlet penyandang disabilitas yang berperstasi.

BACA JUGA: Tertangkap Tangan, Warga Pacitan Mencuri Mesin Perahu di Waduk Gajahmungkur

Para atlet yang terpilih, adalah hasil dari seleksi dan penjurian yang matang oleh tim yang berasal dari unsur pemerintah, akademisi dan wartawan. Pertimbangan atau penilaiannya mengacu pada prestasi yang diraihnya.

Kiromal Katibin adalah meraih perunggu pada IFSC di Jakarta tahun 2023, juara IFSC World Cup di Salt Lake City (2022), dan peraih emas PON XX/Papua 2021. Selain itu, catatan rekor atlet yang akrab disapa Kiki itu di antaranya, di Piala Dunia 2022 catatan waktunya 5,009 detik, Piala Dunia di Swiss 5,04 detik dan lain sebagainya.

Sedangkan pesilat putri Atifa, memiliki prestasi internasional, seperti medali emas School Games Indonesia (2019), medali emas kejuaraan dunia di Malaysia (2022), emas pencak silat Championsip India (2022), emas SEA Games (2022), perunggu di Kejuaraan Asia di Dubai (2023).

BACA JUGA: Film Indonesia Berkualitas Bintang Lima

Ketua PWI Jateng, Amir Machmud NS menyatakan, apresiasi yang diberikan kepada para insan olahraga atau atlet di Jateng itu, disebutnya sebagai patriot olahraga.

”Para pelaku ini menekuni olahraga dengan penuh cinta. Seorang patriot olahraga akan mendedikasikan waktu, pikiran, dan tenaganya untuk kemajuan dan prestasi olahraga,” kata Amir.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Jateng, Bona Ventura Sulistiana menilai, anugerah olahraga yang digelar Siwo PWI ini, merupakan gambaran kolaborasi fungsional yang hebat antara KONI dan media.

BACA JUGA: Menteri dan Mantan Menteri Hadiri Pengukuhan Prof Agung Putra

”Semoga kegiatan ini bisa menjadi tradisi Siwo PWI, sehingga ada keberlanjutan dan lebih memotivasi lagi,” terang dia.

Sebagai Pelatih Terbaik di ajang ini, Tri Aji mengaku tak menyangka bisa mendapatkan apresiasi dari Siwo PWI. Pelatih yang baru saja mendapatkan penghargaan dari Kemendikbud, Riset dan Teknologi itu, ingin agenda ini bisa berlanjut.

”Terima kasih kepada Siwo PWI. Peran media ini sangat penting, untuk memompa semangat para atlet, termasuk lebih menyosialisasikan cabang, agar lebih populer seperti sepak takraw,” ujar dosen FIK Unnes itu.

Penerima Penghargaan Anugerah Olahraga 2023 Siwo PWI Jateng
1. Kiromal Katibin (Atlet Putra Terbaik Putra/Panjat Tebing)
2. Atifa Fismawati (Atlet Putri Terbaik Putri/Pencak Silat)
3. Amadeus Chrisan Susanto (Atlet Harapan Putra Terbaik/Golf)
4. Amellya Nur Sifa (Atlet Harapan Putri Terbaik/Balap Sepeda)
5. Tim Regu Event Putri (Tim Olahraga Terbaik/Sepak Takraw)
6. Dr Tri Aji SPd MPd (Pelatih Olahraga Terbaik/Sepak Takraw)
7. Ir Daniel Budi Setiawan MM (Pembina Olahraga Terbaik/Wushu)
8. Saptoyogo Purnomo (Atlet Penyandang Disabilitas Terbaik Putra/Para Atletik)
9. Sri Sugiyanti (Atlet Penyandang Disabilitas Terbaik Putri/Para Cycling)
10. Slamet Widodo SPd MOr (Pelatih Olahraga Terbaik untuk Penyadang Disabilitas/Para Atletik)
11. Pengkot Ikasi Kota Surakarta (Pengkot/Pengkab Terbaik/Anggar)
12. KONI Kota Semarang (KONI Kota/Kabupaten Terbaik)
13. Pengprov TI Jawa Tengah (Pengprov Terbaik/Taekwondo)
14. PT Sukun Wartono (Perusahaan Peduli Olahraga)
15. Sri Sumarni SH MM (Kepala Daerah Peduli Olahraga/Bupati Grobogan)
16. Poa Seng Goeng (Tokoh Masyarakat Peduli Olahraga/Bola Basket)
17. Drs Hunadi Handoyo (Lifetime Achievement/Tinju)

Riyan