blank
Tim Pengabdian kepada Masyarakat Fakultas Teknik Universitas Semarang melakukan investigasi Gedung Balai Pertemuan di Tlogosariwetan, baru-baru ini.(Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Tim Pengabdian kepada Masyarakat Fakultas Teknik Universitas Semarang melakukan investigasi Gedung Balai Pertemuan di Tlogosariwetan, baru-baru ini.

Tim PkM USM yang terdiri atas Ketua Hani Purwanti., S.T., M.T dan beranggotakan Ferry Firmawan., S.T.,M.T. P.Hd, Diah Aryati Puji Lestari S.Si., M.Si dengan dibantu oleh dua mahasiswa.

Menurut Hani, kegiatan ini dilatarbelakangi oleh keberadaan Gedung balai pertemuan yang masih sering digunakan untuk berkegiatan sosial kemasyarakatan maupun untuk kegiatan olahraga bagi warga.

Namun usia bangunan yang sudah mencapai angka 20 tahun dan sudah mulai terlihat kerusakan di beberapa bagian sepeti bagian dinding yang ada retakan ataupun bagian atap yang mulai bocor.

”Kami melakukan investigasi untuk bangunan Gedung Balai Pertemuan dengan menggunakan Hammer. Tujuan dari kegiatan tersebut untuk mengetahuai kekuatan struktur dari bangunan Gedung tersebut,” ujarnya.

Didampingi Lurah Desa Tlogosari Wetan, R Kamto Warsono, S.E., M.M, katanya, pihaknya melakukan pengujian dengan menembakan Hammer di bagian Kolom struktur dari bangunan.

Kemudian hasilnya diolah di Labolatorium bahan universitas Semarang.

”Hasil dari kegiatan tersebut berupa dokumen hasil investigasi dan data hasil uji hammer di lapangan yang selanjutnya dipaparkan dalam rapat yang dihadiri lurah, LKMD dan perangkat,” ujarnya.

Kamto menyampaikan ucapan terima kasih karena secara konstruksi Gedung Balai kelurahan sudah jelas aman setelah dilakukan tes menggunakan alat Hammer.

Kondisi Gedung yang salama ini masih menjadi sentra kegiatan bagi warga di keluarahan Tlogosari Wetan tersebut masih bisa leluasa digunakan untuk berkegiatan tanpa khawatir akan terjadi kerusakan yang bisa menganggu aktivitas warga.

”Untuk atap atau bagian yang rusak kalau ada dana akan diperbaiki guna pemeliharaan dan keberlangsungan bagi Bangunan Gedung Balai Pertemuan tersebut,” ungkapnya.

Muhaimin