blank
Disporapar dan KONI Pati saat diterima pengurus KONI Kabupaten Magelang, hari ini. Foto: eko

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID) – Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata bersama pengurus KONI Kabupaten Pati berkunjung ke kantor KONI Kabupaten Magelang, hari ini (Kamis, 14/12/23). Pengurus KONI yang ikut sebanyak lima orang, sedangkan dari Dinas sebanyak delapan orang.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Pati, Rekso Suhartono, dalam kesempatan itu mengatakan, niat kunjungan ke Magelang sudah terencana sejak lama. Untuk mengetahui fasilitas yang dimiliki cabang olahraga (Cabor) di Magelang.

Selain itu untuk melihat pembangunan sport center di sebelah Stadion Gemilang Magelang. “Di Pati untuk fasilitas olahraganya masih terpecah-pecah,” katanya.

Disebutkan, di Pati pembenahan sarana olahraga dimulai sejak 2022. Semula penanganan stadion olahraga dikelola Dinas PUPR. Kini sedikit demi sedikit mulai ditata.

Dikatakan, ketika menjadi tuan rumah Porprov pada Agustus lalu, Pati belum punya venue Cabor. Maka akan dibangun sport center secara bertahap. Kendati fasilitasnya masih kurang, namun hasil Porprov lalu di peringkat IV Jateng.

Kunjungan ke Magelang itu, menurut dia, bisa saling sharing dan ngangsu kaweruh. Semoga bisa memberi manfaat bagi Pati.

Wakil Ketua KONI bidang Organisasi, Sutaji, mengatakan, KONI di Pati selalu kompak dengan dinas. Dia berterima kasih kepada KONI Kabupaten Magelang yang telah menerima dengan baik. “Kami dihargai betul. Merasa tersanjung,” katanya.

blank
Pengurus KONI Kabupaten Pati (kiri) memberikan cenderamata kepada Ketua KONI Magelang, hari ini. Foto: eko

Edy Cahyana dari KONI Pati menyatakan, Pati berkunjung ke Magelang tidak rugi. Karena tahu bagaimana persiapan menghadapi Dulongmas, tentang
berapa biaya pertandingannya, soal
keamanan melibatkan TNI, Polri, Dishub, Satpol PP.

Kemudian Edi Siswanto dari Pati menilai fasilitas yang ada di Kabupaten Magelang sangat luar biasa. “Pertanyaannya bagaimana cara mengakses bisa dapatkan fasilitas yang ada,” katanya.

Menurut dia, kemungkinan bisa kerja sama pembinaan olahraga Pati dan Magelang di cabang yang bisa saling menguatkan.
“Bisa melakukan pembinaan bersama. Di Pati sejauh ini latihannya di luar daerah semua,” tuturnya.

Darsuki dari Pati juga menilai ada plus minusnya kalau bisa kerja bersama. Tapi melihat pelaksanaan
Dulongmas yang melibatkan 16 kabupaten/kota itu sudah baik. “Apakah dalam persiapannya ada dukungan pemkab,” tanya dia.

Sambut Baik

Ketua KONI Kabupaten Magelang,
Karjanto Wignjowidodo, menyambut baik kunjungan kerja dari Pati itu. Disebutkan, beberapa hari sebelumnya, tepatnya pada 12 Desember lalu dari Rembang juga berkunjung ke Magelang. Tamunya malah menginap di objek wisata Mangli, Kecamatan Kaliangkrik. “Terima kasih atas kunjungannya ke Magelang,” katanya.

Selanjutnya Wakil Ketua KONI Magelang bidang Organisasi, Sanny Budi Tjahjono, dalam kesempatan itu memaparkan, pada Porprov lalu dari 34 Cabor yang ada, Kabupaten Magelang mengajukan 23 Cabor dalam 125 nomor pertandingan. Memperoleh 58 medali, delapan di antaranya emas. Pada Porprov sebelumnya berada pada peringkat
18 Jateng, saat Porprov di Pati juga peringkat 18. Lantas dia menuturkan persiapan menghadapi ajang Porwil Dulongmas 2015. Menurut dia event itu untuk menghadapi Porprov.

Dalam kesempatan yang sama Wakil Ketua bidang Pembinaan Prestasi, KONI Magelang,
Subiyantara, menuturkan, di daerah itu atlet pada masa sekolah dibina pihak sekolah. Setelah lulus, masuk pembinaan KONI.

Eko Priyono