blank
ATRAKSI - Salah satu peserta Tim Tari SMAN 2 Brebes tengah melakukan atraksi. (Foto: Istimewa)

BREBES (SUARABARU.ID) – Untuk mendorong kreativitas siswa kelas XII, Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Brebes menggelar Pergelaran Tari di Aula Sekolah, Kamis (14/12/2023).

Pergelaran Tari tersebut melibatkan 12 tim penari siswa kelas XII SMAN 2 Brebes dengan menampilkan berbagai gerakan kreativitas tari. Selain itu, event tersebut juga dimeriahkan oleh penampilan Seni Rupa Teater.

Guru Mata Pelajaran Seni Budaya, Amalia Mega Hardiyanti mengatakan bahwa Pergelaran Seni Tari tersebut dilaksanakan sebagai upaya untuk memupuk kecintaan para siswa pada budaya bangsa utamanya seni tari sekaligus mendorong kreativitas siswa.

“Pergelaran tari dilaksanakan sebagai upaya untuk memupuk kecintaan para siswa pada budaya bangsa utamanya seni tari sekaligus mendorong kreativitas siswa. Selain itu juga dalam rangka penilaian mata pelajaran manajemen produksi seni tari,” kata Amalia.

Menurutnya, kegiatan ini bertujuan agar para siswa nantinya bisa membuat event sendiri, dimana para siswa menampilkan tari kreasi yang diambil dari YouTube. “Penampilan cipta karya dari para siswa sangat luar biasa, sudah pantas jadi koreografer, managemen produksinya sudah bagus. Tapi kendalanya para siswa masih susah berkoordinasi atau komunikasi kepada panitia,” ujarnya.

Dia berharap, kegiatan ini bisa berdampak positif kepada para siswa untuk melestarikan seni budaya khususnya seni tari dan memberikan ruang bagi para siswa untuk berkreasi.

Kepala Sekolah SMAN 2 Brebes, Mohammad Royani, sangat mengapresiasi kegiatan ini sebagai upaya untuk mengembangkan potensi siswa. “Kegiatan pergelaran tari ini sangat baik untuk mengembangkan kreativitas siswa. Dengan kegiatan ini, semoga kreativitas anak anak bisa tersalurkan sehingga mampu menciptakan peserta didik yang berkarakter dan lebih mencintai budaya sendiri,” tutupnya.

Sutrisno