blank
Aliran air bersih PDAM Tirta Aji Wonosobo di Perum Purnamandala Bumireso sering macet. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Warga Perum Purnamandala Bumireso Wonosobo, mengeluhkan air PDAM yang sering mati. Repotnya air tidak mengalir di waktu pagi hari di mana warga akan menggunakan air bersih.

Sebelumnya, saat masih musim kemarau, air juga kerap mati saat malam hari. Rata-rata, mulai jam 21.00 WIB dan baru pada jam 06.00 WIB pagi, air bersih bisa mengalir kembali meski dengan volume cukup kecil.

Dalam waktu terakhir ini, sudah dua hari, mulai Selasa (12/12) hingga Rabu (13/12/2023), di pagi hari ini air macet total. Kondisi tersebut tentu cukup merepotkan warga yang membutuhkan aliran air bersih di waktu pagi.

Bahkan akibat sering ada kemacetan air PDAM, ada warga yang juga mengeluh karena tidak tahu di saat air macet posisi kran hidup atau mati, maka saat air mengalir kran ternyata dalam posisi hidup dan air mengalir hingga semalaman.

Tidak Tentu

blank
Dirut Perumda Tirta Aji Wonosobo, M Sjahid. Foto : SB/Muharno Zarka

Ketua RW 05 Perum Purnamandala Bumireso Wonosobo Tri Umpono menyayangkan aliran air bersih dari PDAM di wilayahnya yang beberapa kali tidak mengalir lancar dan tidak ada pemberitahuan sebelumnya.

“Yang bikin repot air mengalir tidak menentu. Kadang malam, kadang pagi tiba-tiba macet. Dulu waktu masih kemarau katanya valume air berkurang, bisa dimaklumi. Ini sudah masuk musim hujan, kok air masih tetap sering macet,” keluhnya.

Direktur Utama Perumda Tirta Aji Wonosobo M Sjahid, Rabu (13/12), ketika dikonfirmasi perihal kemacetan air bersih mengaku akan segera menindaklanjuti keluhan warga untuk dilakukan penanganan di lapangan.

“Terima kasih atas informasinya. Akan segera ditindalanjuti,” katanya. Sayangnya, kala ditanya kenapa tidak ada pemberitahuan sebelumnya, jika air PDAM akan mati di Perum Purnamandala, yang bersangkutan tidak segera memberikan jawaban.

Muharno Zarka