blank
Tim Tsabita Ahmilul Husna dkk dari Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) keluar sebagai juara 1 dalam Kompetisi Karya Tulis Ilmiah (KKTIM) tingkat Jateng - DIY yang digelar Fakultas Hukum USM pada 12 Desember 2023. (foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Tim Tsabita Ahmilul Husna dkk dari Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) keluar sebagai juara 1 dalam Kompetisi Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa (KKTIM) tingkat Jateng – DIY yang digelar Fakultas Hukum USM pada 12 Desember 2023.

Juara 2 diraih Tim Valen Endy Fadani, dkk dari Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, sedangkan juara 3 diraih Tim Dimas Amal Kurniawan,dkk dari Universitas Muhammadiyah Gombong.

Para juara memperoleh sertifikat penghargaan, uang pembinaan, dan artikel yang presentasikan akan diterbitkan pada Jurnal terakreditasi Sinta 3 (juara 1) dan Sinta 4 (juara 2 dan Juara 3).

Ketua Panitia Dr Supriyadi SH MKn mengatakan, kegiatan yang mengambil tema ”Pemilu 2024: Momentum Penguatan Demokrasi Indonesia yang Berintegritas” itu diikuti 20 tim.

Tema tersebut diambil mengingat dalam waktu dekat Indonesia akan menggelar Pemilu. Keterlibatan aktif generasi muda untuk menyumbangkan pemikirannya dalam menghadapi Pemilu.

”KKTIM merupakan salah satu kegiatan yang merupakan agenda rutin setiap tahun,” ujarnya.

Kegiatan dibuka Dekan FH USM, Dr Amri Panahatan Sihotang SS SH MHum.

Dalam sambutannya, Amri mengatakan, tujuan kegiatan untuk mendorong mahasiswa sebagai generasi muda untuk terlibat secara aktif dalam persoalan-persoalan masyarakat dan berbagi ide untuk menyampaikan solusi.

”Kami berharap, ke depan, lebih banyak lagi ide-ide atau gagasan yang solutif yang lahir dari KKTIM ini, yang dapat memberikan kontribusi ilmu pengetahuan di bidang hukum, tidak hanya bidang Hukum Tata Negara, tapi Bidang Hukum Pidana, Perdata, maupun Hukum Administrasi Negara,” ungkap Amri.

Kegiatan ini menghadirkan juri dari Komisioner Bawaslu Provinsi Jawa Tengah Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa, Wahyudi Sutrisno, S.H., M.H, Korda APD Kota Semarang Dr. Naya Amin Zaini, S.H., M.H, dan dari KPU Provinsi Jawa Tengah, Muslim Aisha, S.HI.

Muhaimin