blank
Kapolres AKBP Andi M Indra Waspada (kiri depan) menyerahkan sebanyak 28 penghargaan atas sukses pengungkapan kasus pembunuhan. Diantara yang menerima penghargaan, Kasat Reskrim Iptu Yahya Dhardiri (kedua dari kanan).(Dok.Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Sukses mengungkap kasus pembunuhan, sebanyak 28 orang mendapat penghargaan dari Kapolres Wonogiri AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah. Mereka terdiri atas 27 personel kepolisian dan seorang warga masyarakat.

Kasi Humas Polres Wonogiri AKP Anom Prabowo, mengabarkan, penyerahan penghargaan dilakukan Selasa (12/12) dalam upacara yang digelar di halaman Mapolres Wonogiri. Ikut hadir Wakapolres bersama para Pejabat Utama (PJU) dan Kapolsek se jajaran, serta seluruh anggota Polres Wonogiri.

Sebagaimana diberitakan, Polres Wonogiri berhasil mengungkap kasus pembunuhan berantai yang dilakukan oleh tersangka S (35), warga Dusun Ciman, Desa Semagar, Kecamatan Girimarto, Kabupaten Wonogiri.

Tersangka telah melakukan pembunuhan kepada dua orang mitra bisnisnya. Yakni AS (49), seorang pria asal Dusun Gombang, Desa Sajen, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten, dan Su (48) penduduk Dusun Panggih, Desa dan Kecamatan Jatipurno, Kabupaten Wonogiri. Pembunuhan berencana ini, dilakukan pada Tahun 2021 dan Tahun 2022.

Sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Kapolres Wonogiri Nomor: KEP/48/XII/2023 tanggal 11 Desember 2023, yang menerima penghargaan diantaranya Kapolsek Girimarto AKP Hartoyo dan 12 Kanit Reskrim Polsek jajaran. Yakni Aiptu Agus Suhartono, Aiptu Agus Santoso, Aiptu Joko Afriyanto, Aiptu Suyatno, Aiptu Agus Pudjiyanto, Aipda Rudhihanto Kurniawan, Aipda Ony Sulistyo, Aipda Heru  Cahyono, Bripka Darmasto, Bripka Akhmad Salim Ruba’i Munir, Bripka Ariana Sri Anjarudin, Bripka Maryanto Sugino Putro.

Sementara yang dari Satreskrim adalah Kasatreskrim Iptu Yahya Dhadiri, Kanit II Sat Reskrim Iptu Reza Firmansyah dan sejumlah anggotanya, yakni Bripka  Adiek Setyo Nugroho, Bripka Arviyan Cahya Utama, Bripka Ari Hartanto, Bripka Nurul Arifin, Bripka Renaldy Yulvikar Widyantoro, Brigadir Hafit Rosadi, Brigadir Agung Wiranto, Brigadir Abbas Nugroho, Briptu Andriyanto, Briptu Nugraha Adyaksa, Bripda Bagas Shobirin, Bripda Denny Zubaidi Kurniawan.

Kepekaan

Dalam kesempatan itu, Kapolres juga memberikan penghargaan kepada seorang warga masyarakat, yakni Panut penduduk Desa Bubakan, Kecamatan Girimarto, Kabupaten Wonogiri. Panut berjasa telah membantu proses pembongkaran tempat dimana korban dikuburkan.

Dalam amanatnya, Kapolres menyampaikan ucapkan terima kasih dan selamat kepada para personel yang berprestasi dalam mengungkap peristiwa pembunuhan berencana dengan dua korban jiwa ini.

”Tidak ada kejahatan yang sempurna. Apalagi di era digital seperti sekarang ini, semua pasti meninggalkan jejak. Oleh sebab itu diperlukan kepekaan dan kejelian untuk membuka terang suatu perkara,” tandas Kapolres.

Institusi Polri, kata Kapolres, akan terus memberikan penghargaan sebagai bentuk apresiasi dari kesatuan, terhadap kinerja yang optimal dari para anggota yang berprestasi. Polri juga tidak henti-hentinya memberikan penghargaan kepada personel yang berprestasi dan berdedikasi tinggi.

Kata Kapolres, pemberian penghargaan dapat menjadi pemicu bagi anggota yang lain, untuk berprestasi sesuai tugas masing-masing. ”Saya berpesan kepada seluruh anggota untuk terus bersemangat. Bagi personel yang saat ini belum bisa mendapatkan penghargaan jangan pesimis. Yang sudah berhasil mendapatkan reward, saya harap jangan terlena dengan apa yang sudah anda peroleh,” tegas Kapolres.

Kapolres, meminta seluruh anggota meningkatkan kinerja untuk melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat, serta demi kemajuan institusi Polri.
Bambang Pur