blank
Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa tengah menerima penghargaan Inovative Government Award 2023 kategori Kota Sangat Inovatif dari Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri, Yusharto Huntoyungo dalam acara di Kantor Kementrian Dalam Negeri Jakarta, Selasa (12/12) (Dok/PemkotSka)

SURAKARTA (SUARABARU.ID) Kota Surakarta meraih penghargaan Inovative Government Award (IGA) 2023 kategori Kota Sangat Inovatif.

Penghargaan diserahkan Menteri Dalam Negeri yang diwakili Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri, Yusharto Huntoyungo kepada Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa di Kantor Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) Jakarta, Selasa (12/12)

Humas Pemerintah Kota Surakarta menginformasikan, Kota Surakarta meraih predikat sebagai Kota Sangat Inovatif bersama dengan 6 Kota lain antara lain Kota Padang, Kota Banjarmasin, Kota Solok, Kota Tangerang, Kota Yogyakarta, dan Kota Tangerang Selatan.

blank
Para penerima penghargaan penghargaan Inovative Government Award 2023 berfoto bersama dalam acara di Kantor Kemendagri Jakarta, Selasa (12/12) (Dok/PemkotSka)

Secara keseluruhan terdapat 48 inovasi yang terdaftar dalam IGA 2023. Beberapa inovasi unggulan kota Surakarta antara lain Pengelolaan Aduan Masyarakat melalui ULAS, Besuk Kiamat, Masyarakat Sadar Lingkungan (Masdarling), Simpanan Pelajar Kartu Identitas Anak (SILA KIA), SAPU KUWAT, E-Tanov, dan masih banyak inovasi yang dapat diakses masyarakat.

Pemerintah Kota Surakarta berkomitmen selalu berinovasi memberikan pelayanan terbaik bagi warga Kota Solo

Pada bagian lain dikemukakan , penghargaan IGA 2023 diserahkan pada 95 Pemerintah Daerah yang terbagi dalam 11 kategori.

Penghargaan yang dilaksanakan sejak 2007 merupakan apresiasi pada pemerintah daerah yang telah menerapkan inovasi perbaikan penyelenggaraan pemerintah daerah.

Bagus Adji