blank
DONOR DARAH - Anggota Kodim 0736/Batang tengah melakukan donor darah. (Foto: Diskominfo)

BATANG (SUARABARU.ID) – Memperingati Hari Juang Kartika TNI Angkatan Darat Ke-78, Kodim 0736/Batang telah menggelar beberapa kegiatan bakti sosial, salah satunya donor darah yang diikuti oleh ratusan pendonor.

Sebelum pengambilan darah, peserta dilakukan skrining awal kesehatan untuk mengetahui golongan darah, riwayat penyakit  untuk memastikan kondisi tubuhnya prima.

Dandim Batang Letkol Inf Ahmad Alam Budiman melalui Pasipers Kodim Batang Kapten CBA Suwanto mengatakan, kegiatan diikuti oleh anggota TNI, Polri, Persit, FKPPI dan masyarakat yang datang secara sukarela untuk mendonorkan darahnya.

“Kegiatan ini juga untuk menjaga stok darah di PMI, sehingga ketika ada warga yang membutuhkan darah bisa segera terpenuhi,” katanya, saat ditemui di PMI Batang, Kabupaten Batang, Selasa (12/12/2023).

Sementara itu, Wakil Ketua PMI Batang Putut Husamadiman mengapresiasi, kepada Kodim Batang yang berinisiatif menyelenggarakan kegiatan tersebut. Dengan kegiatan ini bisa membantu stok darah di PMI untuk orang-orang yang membutuhkan.

“Semoga menjadi amal baik bagi kita semua dan dapat memberikan manfaat bagi saudara-saudara kita yang membutuhkan,” harapnya.

Dengan kegiatan ini semakin banyak lagi masyarakat yang datang untuk mendonorkan darahnya ke PMI. Sebab dari sisi kesehatanm menjadikan tubuh tetap prima.

Dari 135 orang pendonor, 116 orang dapat diambil darahnya, dengan rincian golongan darah A sebanyak 35 orang, golongan darah B sebanyak 27 Orang, golongan darah AB sebanyak 15 orang dan golongan darah O sebanyak 43 orang.

Nur Muktiadi