Rapat Sosialisasi Pembentukan Pengawas TPS dengan Media dan Content Creator. Foto: Ning S

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Bawaslu Jawa Tengah bakal merekrut 117.000 pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk Pemilu 2024 mendatang.

Koordinator Divisi SDM dan Organisasi Bawaslu Jateng, Muhammad Rofiuddin menyebut, jumlah pengawas tersebut sesuai dengan jumlah TPS yang berada di wilayah Jawa Tengah.

Hal itu diungkapkannya usai Rapat Sosialisasi Pembentukan Pengawas TPS dengan Media dan Content Creator, di Semarang, Selasa (12/12/2023).

Rofiuddin mengatakan, pengawas TPS memiliki tanggung jawab mulai dari memastikan persiapan TPS, pelaksanaan pemungutan suara, hingga tahap penghitungan, dan penerimaan formulir.

Guna memastikan informasi sampai di masyarakat luas, Bawaslu Jateng menggandeng awak media dan konten kreator media sosial untuk menyebarkan informasi rekrutmen pengawas TPS.

“Bawaslu Jateng menggandeng teman-teman media dan konten kreator media sosial untuk ikut menyebarkan informasi terkait pembentukan pengawas TPS, karena jumlah yang kita rekrut sangat besar,” ungkapnya. ”

“Sejauh mereka memenuhi syarat silakan untuk mendaftarkan diri. Usianya paling rendah 21 tahun bisa ikut mendaftar sebagai pengawas TPS. Yang dibutuhkan 117.000 pengawas,” terang dia.

Ditambahkan, bahwa pengawas TPS dibentuk oleh Panwaslu kecamatan. Sedangkan untuk jumlah pengawas TPS adalah satu orang untuk tiap TPS.

Ning S