blank
CPNS Kemenkumham Jawa Tengah mengikuti uji kemampuan fisik. Foto: Dok/Kanwil

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Kesamaptaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kemenkumham Jawa Tengah berlangsung mulai 10 hingga 11 Desember 2023 di Stadion Taruna Akademi Kepolisian Semarang.

Seleksi kesamaptaan ini terselenggara atas kerja sama dengan Akpol dan Kepolisian Daerah Jateng. Sebanyak 382 peserta yang telah lolos dari tahapan sebelumnya diuji kemampuan fisiknya.

Kakanwil Kemenkumham Jateng Tejo Harwanto mengimbau kepada panitia daerah untuk tetap menjaga transparansi yang telah berjalan baik seperti di Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) kemarin.

Ia secara tegas meyakini kelulusan peserta merupakan usaha mereka masing-masing dan atas kehendak Tuhan Yang Maha Kuasa. “Saya beranggapan pelaksanaan SKD dan SKB benar-benar Habluminallah,” ujar Tejo, Minggu (10/12/2023).

“Lulus tidaknya tergantung dari peserta sendiri, bukan dari penguji bahkan bukan dari saya,” tambahnya.

Tejo berharap pelaksanaan SKB ini, panitia dan penguji dari Akpol dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan tetap menjaga transparansi. Karena hal itu menjadi penilaian positif di mata masyarakat berkaitan dengan seleksi CPNS Kemenkumham yang bebas dari kepentingan.

Kakanwil yang didampingi Kadiv Keimigrasian Is Edy Eko Putranto selaku koordinator SKB, Kadiv Administrasi Hajrianor ketua panitia daerah, Kalapas Semarang Usman Madjid, Kakanim Semarang Guntur Sahat Hamonangan, Kabag Umum Anton Tri Oktabiono, serta perwakilan dari Biro SDM dan Inspektorat Jenderal juga meninjau setiap alur yang dilalui peserta selama pelaksanaan SKB.

Mulai dari pengukuran tinggi badan, lari, pull up, sit up, push up, hingga shuttle run. Ia meminta petugas harus benar-benar jeli dan teliti dalam menilai.

Sebelumnya Kabag Umum Anton dalam arahannya kepada seluruh panitia mengimbau untuk cermat dalam mengecek setiap peserta yang datang, dan tetap mematuhi aturan yang telah disepakati bersama, sesuai ketentuan yang berlaku.

Ning S