blank
Wakil Rektor III USM, Dr Muhammad Junaidi SHI MH foto bersama para pemain seusai membuka Turnamen Sepak Bola Antarpelajar SMA/K sederajat Se-Jawa Tengah dan DIY dengan titel ''USM Cup 2023'' di Lapangan Balasuga, Semarang.(Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Mulai hari ini, 16 tim mulai menjalani pertandingan untuk memperebutkan posisi terhormat dalam Turnamen Sepak Bola Antarpelajar SMA/K sederajat Se-Jawa Tengah dan DIY dengan titel ”USM Cup 2023” di Lapangan Balasuga, Semarang.

Kejuaraan dibuka Wakil Rektor III USM, Dr Muhammad Junaidi SHI MH di lapangan Balasuga, Semarang pukul 07.00.

Pembukaan dihadiri perwakilan dari Asprov PSSI Jateng, Martono, Askot PSSI Kota Semarang Sudarmono dan Disporapar Kota Semarang, Muryo SSos.

Ke-16 tim yang ambil bagian dalam turnamen berhadiah total Rp 7 juta itu adalah SMAN 1 Gubug, SMA Sultan Agung 1 Semarang, SMA Tunas Patria Ungaran, dan SMA NU Al Ma’ruf Kudus, SMAN 1 Mranggen, SMA Terang Bangsa, SMAN 1 Slogohimo Wonogiri, dan SMA Muhammadiyah 1 Pati, SMA Bina Bangsa Pati, MAN 2 Banjarnegara, SMA 4 Semarang, SMAN 2 Kebumen, SMA 2 Sukorejo, SMA Batik 2 Surakarta, MAN 2 Kota Semarang, dan SMA 3 Demak.

Dalam sambutannya, Junaidi mengatakan, kegiatan tersebut adalah inisiatif dari pengurus PS USM. Dia merencanakan, kegiatan ini digelar rutin setiap tahun.

”Kami berharap dengan adanya USM Cup 2023 ini bisa menghasilkan talenta-talenta muda yang berbakat. Kami menyiapkan beasiswa kuliah gratis di USM bagi pemain yang akan terpilih oleh tim pemandu bakat,” ujarnya.

Panitia Pengarah, Sudarmono, S.E., M.M menuturkan, hari ini ada 8 pertandingan. Yang bertanding pertama pertama tim SMAN Slogohimo melawan SMAN 1 Gubug.

Ketua Panitia, Sigit Pamugar mengatakan, turnamen ini tak hanya menjadi arena pertandingan sepak bola, tapi juga sarana penjaringan atlet berbakat yang berkesempatan mendapatkan beasiswa kuliah gratis di USM.

”Juara 1 mendapatkan uang pembinaan Rp 3.000.000 plus piagam, juara 2 meraih Rp 2.000.000 plus piagam, dan juara 3 mendapatkan Rp 1.000.000 dan piagam. Para pemain juga berkesempatan memenangkan beasiswa kuliah gratis di USM, termasuk top skor dan 10 pemain terbaik lain,” ujarnya.

Muhaimin